Salah satu SPKLU yang ada di Jawa Timur(DOK. PLN)
Salah satu SPKLU yang ada di Jawa Timur(DOK. PLN) ( KOMPAS.COM)

SPKLU Masih Terbatas, Pakai Tips Ini untuk Menghemat Baterai Mobil Listrik

14 Januari 2024 16:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terus dikembangkan oleh pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kini jumlahnya sudah lebih dari 600 unit dengan beragam jenis kecepatan pengecasan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, per Desember 2023 tercatat ada 624 unit mesin EV Charger yang tersebar di 411 titik lokasi. Ultra Fast Charger sebanyak 148 unit, Fast Charger 108 unit, Medium Charger 191 unit, dan Slow Charger 177 unit.

Untuk persebarannya, Ultra Fast Charger ada di 134 lokasi, Fast Charger di 32 lokasi, Medium Charger di 164 lokasi, dan Slow Charger di 81 lokasi.

Untuk diketahui, Ultra Fast Charger adalah pengisian daya dengan kapasitas di atas 50 kW. Sedangkan Fast Charger, kapasitasnya 22 kW sampai dengan 50 kW. Lalu, Medium Charger memiliki kapasitas 7 kW sampai dengan 22 kW. Sedangkan Slow Charger, cuma berkapasitas 7 kW.

Jumlah tersebut masih perlu terus ditingkatkan agar pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah perjalanan.

Berhubung jumlah SPKLU masih terbatas maka pengguna mobil listrik bisa mengikuti tips berikut untuk menghemat baterai.

Arif Nugroho, Service Advisor Hyundai Solo Baru mengatakan cara pengemudi berkendara bisa menentukan jarak tempuh mobil listrik di samping kapasitas baterainya.

“Ada tips menghemat baterai pada Ioniq 5 dan 6, sama halnya dengan mobil konvensional ada cara menghemat BBM, caranya hampir sama yakni dengan mengatur injakan pedal gas agar tidak terlalu sering dan dalam saat menekan,” ucap Arif kepada Kompas.com, Rabu (3/1/2024).

Arif mengatakan, pada mobil konvensional ketika pedal gas diinjak maka akan membuat udara dan BBM masuk ke ruang bakar, semakin diinjak maka semakin banyak jumlah BBM yang terbakar. Sedangkan pada mobil listrik yang akan terkuras adalah daya listriknya.

“Maka dari itu saat melakukan akselerasi pada mobil listrik sebaiknya jangan terlalu asyik, biasanya di tol suka tancap gas tuh, jika ingin menghemat baterai, manfaatkan akselerasi seperlunya saja, sesekali perlu melepas pedal gas dan biarkan mobil melaju dengan sendirinya,” ucap Arif.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm