Oli mesin Pertamina Fastron(PERTAMINA)
Oli mesin Pertamina Fastron(PERTAMINA) ( KOMPAS.COM)

Kenapa Untuk Volume Oli Mesin pada Mobil Bisa Bertambah Sendiri?

14 Januari 2024 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli mesin pada mobil menjadi elemen penting dalam menjaga performa serta durabilitas komponen. Itu sebabnya, oli mesin perlu dijaga kualitasnya dengan menggantinya secara rutin.

Kalau kualitas oli ini diabaikan maka jumlahnya bisa menyusut karena terjadi penguapan. Tapi, volume oli mesin juga bisa bertambah meski tidak dilakukan penambahan oleh konsumen.

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi dengan bertambahnya volume oli mesin tersebut?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, karakter oli mesin sebenarnya tidak bisa mengembang, justru seiring pemakaian bisa terjadi penyusutan.

“Oli mesin normalnya akan berkurang seiring pemakaian, pun berkurangnya sedikit. Namun, bila di lapangan ditemukan ada penambahan volume pada oli bekas maka kemungkinannya ada pencampuran dengan zat lain,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (13/1/2024).

Brahma mengatakan, oli mesin berpotensi mengalami pencampuran dengan zat lain ketika bekerja di dalam mesin. Seperti yang diketahui, di dalam mesin terdapat berbagai cairan seperti coolant, bahan bakar dan lainnya.

“Dilihat dari tingkat kekentalannya, misal menjadi encer sekali kemungkinan dia tercampur bensin, bbm atau zat lain, seharusnya meski dalam kondisi bekas kekentalannya tidak sampai selisih jauh,” ucap Brahma.

Misal oli tercampur dengan bensin, maka akan terjadi perubahan karakter pada kedua zat tersebut. Brahma mengatakan oli menjadi lebih encer, sementara bensin menjadi kehilangan sifat mudah menguapnya.

“Ketika BBM dan pelumas bercampur, flash point-nya bbm jadi naik, tapi flash point-nya pelumas jadi turun, efeknya bensin menjadi tidak mudah menguap dan dapat menambah volume oli,” ucap Brahma.

Sehingga, ketika oli mesin bertambah maka kemungkinan penyebabnya adalah adanya pencampuran zat lain, bukan karena pelumas bisa mengembang menurut Brahma.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Volume Oli Mesin pada Mobil Bisa Bertambah Sendiri?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/14/130100515/kenapa-volume-oli-mesin-pada-mobil-bisa-bertambah-sendiri-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm