Keseruan pengunjung Jakarta Fair 2023 yang mencoba melakukan cek penerima subsidi motor listrik Rp 7 juta dari pemerintah(KOMPAS.com/daafa)
Keseruan pengunjung Jakarta Fair 2023 yang mencoba melakukan cek penerima subsidi motor listrik Rp 7 juta dari pemerintah(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Luhut Bilang, Penyaluran Untuk Subsidi Motor Listrik Harus Dipercepat

15 Januari 2024 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan menanggapi pembelian motor listrik subsidi yang masih rendah.

Dilansir dari situs sisapira.id, penyaluran subsidi motor listrik baru mencapai 11.532 unit dari kuota 200.000 unit yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun anggaran 2023.

Luhut mengatakan, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rachmat Kaimuddin sedang mengupayakan supaya subsidi motor listrik dapat digulirkan lebih cepat.

“Sehingga dengan demikian masyarakat yang mau meng-convert sepeda motornya itu juga bisa lebih menarik buat mereka,” ujar Luhut, dikutip dari Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan (14/1/2024).

“Dan tentu juga perputaran uang itu bisa jalan, gitu. Karena orang kalau terlalu lama menunggu, duitnya enggak dibayar kan juga repot tuh,” kata dia.

Seperti diketahui, saat ini syarat penerima subsidi telah diubah pemerintah dari sebelumnya untuk empat golongan menjadi 1 NIK untuk 1 unit motor listrik. Hal ini tertuang dalam Permenperin No. 21/2023 tentang revisi Permenperin No. 6/2023.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan, salah satu penyebab masih rendahnya penyerapan subsidi motor listrik terkait kemampuan dari komponen baterai.

Pengisian daya yang dinilai terlalu lama membuat minat masyarakat akan motor listrik menjadi rendah. Atas hal itu, Kemenperin menjalin komunikasi dengan para produsen sepeda motor listrik untuk menetapkan standarisasi.

"Bagi konsumen mobil dan motor listrik, salah satu yang penting kan baterai. Jadi komponen tersebut harus bisa memiliki durasi yang lama, panjang, dan baterainya harus bisa mudah di-charge," kata Agus di Jakarta (3/1/2024).

Meski begitu, Agus yakin bahwa program subsidi motor listrik untuk tahun fiskal 2024 bisa dicapai. Hal ini sejalan dengan mulai ramainya produk yang dipasarkan sehingga konsumen bisa memilih lebih banyak sesuai kebutuhan.

Adapun untuk tahun 2024, alokasi anggaran untuk program pembelian motor listrik sebanyak 50.000 unit dengan total anggaran Rp 350 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Bilang, Penyaluran Subsidi Motor Listrik Harus Dipercepat ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/15/080200515/luhut-bilang-penyaluran-subsidi-motor-listrik-harus-dipercepat-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm