Menyalakan lampu hazard saat hujan deras(Kompas.com/Nanda)
Menyalakan lampu hazard saat hujan deras(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Bukan Hazard, tapi Nyalakan Headlamp Mobil Saat Kondisi Turun Hujan

16 Januari 2024 21:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengendara biasanya akan mengalami keterbatasan pandangan ketika hujan turun. Bahkan bisa saja kondisi jalan gelap walau saat itu siang hari.

Kondisi tersebut dianggap oleh sebagian orang sebagai kondisi darurat, sehingga mereka menyalakan lampu hazard. Padahal, saat hujan seharusnya tidak menyalakan lampu hazard karena itu dapat membingungkan pengendara lain.

Seharusnya pengendara menyalakan lampu penerangan atau headlamp untuk memperjauh jangkauan pandangan kalau memang yang menjadi masalah adalah soal jarak pandang.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan kendala utama pengendara ketika turun hujan yang sangat lebat adalah jarak pandang, sehingga sah saja bila menyalakan headlamp.

“Tujuan utama menyalakan headlamp untuk membantu pengemudi dalam menerobos jalan yang jarak pandangnya terbatas, kan kemampuan mata pengemudi beda-beda jadi boleh saja asal sesuai,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (15/1/2024).

Sony mengatakan menyalakan lampu utama kendaraan bersifat situasional. Artinya selama pengemudi membutuhkan penerangan maka boleh saja dinyalakan meski kondisi siang hari.

“Asal, nyala lampu tidak mengganggu kendaraan lain dari arah berlawanan terkait arah sorotan dan warna cahayanya,” ucap Sony.

Menurut Sony, ketika lampu depan menyala otomatis lampu belakang juga ikut nyala sehingga dari sisi lain dapat membantu pengemudi di belakang dalam mengukur jarak dan sebagai panduan arah.

Sebelumnya, Sony juga mengingatkan kepada pengendara untuk tidak menyalakan lampu hazard saat turun hujan karena hal tersebut keliru. Kondisi hujan seharusnya tidak diartikan sebagai kondisi bahaya.

“Asumsi bahaya kan datang dari dia, bukan pengendara lain, artinya yang bermasalah dirinya, jika ingin menggunakan lampu hazard silakan saja tetapi berjalanlah di kiri dengan tujuan ke rest area terdekat atau bersiap-siap berhenti,” ucap Sony.

Sony menambahkan, apabila hujan deras sekali pengemudi mobil sebaiknya kurangi kecepatan dan nyalakan lampu penerangan tanpa menghidupkan lampu hazard selama masih ingin melanjutkan perjalanan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Hazard, tapi Nyalakan Headlamp Mobil Saat Turun Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/16/091200615/bukan-hazard-tapi-nyalakan-headlamp-mobil-saat-turun-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm