Berkendara saat hujan(DOK. WAHANA)
Berkendara saat hujan(DOK. WAHANA) ( KOMPAS.COM)

Hindari Untuk Posisi Berkendara seperti Ini Saat Kondisi Hujan

16 Januari 2024 21:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengendara motor wajib memperhatikan beberapa poin keselamatan supaya kegiatan berkendara selalu aman dan bebas risiko di musim hujan.

Salah satu poin yang wajib diperhatikan adalah posisi berkendara, khususnya bagi pemilik motor jenis skutik. Pasalnya, ada beberapa posisi membahayakan tapi masih sering dijumpai.

Contoh posisi berbahaya yang dimaksud adalah kaki pengendara menginjak footstep penumpang, dan badan condong menukik ke depan.

Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana, menjelaskan, posisi berkendara semacam itu bisa memberikan beberapa efek negatif kalau ditinjau dari segi keselamatan berkendara.

“Kalau posisinya begitu (kaki pengendara di footstep penumpang), kontrol jadi jauh menurun dan kemudi menjadi tidak stabil. Berbahaya sekali kalau digunakan saat jalan basah,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Agus menjelaskan, posisi semacam ini umumnya dilakukan pengendara skutik untuk menghindari cipratan air dari jalan yang tergenang. Namun tetap saja, dia menganggap tujuan tersebut tidak sebanding dengan potensi risikonya.

“Posisi paling benar naik motor jenis matic itu kaki tetap di footstep depan. Sebaiknya (footstep) tidak ditutup barang bawaan juga,” kata dia.

Jika berkendara dengan posisi yang dianjurkan, beberapa risiko kecelakaan saat musim hujan, seperti tergelincir atau bahkan aquaplaning, bisa dihindari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hindari Posisi Berkendara seperti Ini Saat Kondisi Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/16/111200215/hindari-posisi-berkendara-seperti-ini-saat-kondisi-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm