Setir Kemudi Toyota Hilux GR Sport(Kompas.com/Adityo Wisnu)
Setir Kemudi Toyota Hilux GR Sport(Kompas.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Memutar Setir Saat Mobil Berhenti Membuat Rack Steer Cepat Rusak?

17 Januari 2024 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rack steer kerap mengalami aus pada bagian pertemuan rack dan pinion. Area tersebut merupakan bagian utama yang bertugas mengubah gaya putar roda kemudi menjadi gaya dorong ke kanan dan kiri.

Sehingga, gaya gesek di area tersebut cukup besar maka dari itu diperlukan pelumasan. Kalau kemampuan pelumas di dalamnya sudah hilang maka dapat mempercepat keausannya.

Tapi, muncul anggapan bahwa memutar roda kemudi saat mobil berhenti dapat menyebabkan rack steer cepat aus karena saat itu beban rack untuk membelokkan roda menjadi lebih berat.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten membantah anggapan tersebut pasalnya prinsip kerja rack steer memang demikian, seandainya dilakukan upaya tersebut belum tentu membuahkan hasil.

“Memang akan lebih berat beban rack steer saat roda kemudi diputar dengan kondisi mobil berhenti, berbeda dengan saat melaju, namun cara mengemudi tersebut sebenarnya dibutuhkan misal saat parkir agar mendapatkan haluan yang tepat,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2024).

Hal tersebut juga berlaku ketika mobil digantung di lift, maka kemudi akan menjadi lebih ringan saat diputar karena tidak ada gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan.

“Saya pikir memutar roda kemudi harus dalam keadaan mobil melaju itu sulit, karena ada saatnya memang kemudi harus diputar saat mobil berhenti,” ucap Hasan.

Hasan juga mengatakan gaya gesek memang akan selalu ada pada rack dan pinion baik dalam kondisi mobil melaju atau berhenti. Sehingga, keausan pasti terjadi karena prinsip kerja rack steer demikian.

“Kasus rack steer dan pinion aus banyak terjadi, namun saya pribadi tidak bisa menyimpulkan apakah kerusakan tersebut akibat roda kemudi diputar saat mobil berhenti karena prinsip kerjanya memang demikian,” ucap Hasan.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan pelumas turut mengambil andil dalam menjaga keausan rack steer dan pinion.

“Bila mobil sering menerjang banjir, biasanya bagian rack bisa karatan sehingga kemampuan pelumas menurun, akibatnya rack dan pinion bisa lebih cepat aus,” ucap Hardi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jika memang mobil kerap menerjang genangan air, Hardi mengatakan sebaiknya untuk melakukan servis rack dengan melakukan pelumasan ulang di bagian rack dan pinion sebagai antisipasi terjadinya keausan.

Jadi, menghindari memutar roda kemudi saat mobil berhenti belum bisa dikatakan sebagai cara yang tepat untuk meminimalisasi keausan pada rack steer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Memutar Setir Saat Mobil Berhenti Bikin Rack Steer Cepat Rusak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/17/111200215/memutar-setir-saat-mobil-berhenti-bikin-rack-steer-cepat-rusak-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm