Petugas  saat proses evakuasi  KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (1/1/2024). KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok pada pukul 07.57 WIB. KA Pandalungan anjlok pada bagian lokomotif dan satu gerbong di belakangnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Anjoloknya KA Pandalungan menyebabkan jalur kereta api tidak bisa dilalui.  Kompas/Bahana Patria Gupta (BAH)
Petugas saat proses evakuasi KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (1/1/2024). KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok pada pukul 07.57 WIB. KA Pandalungan anjlok pada bagian lokomotif dan satu gerbong di belakangnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Anjoloknya KA Pandalungan menyebabkan jalur kereta api tidak bisa dilalui. Kompas/Bahana Patria Gupta (BAH) ( Kompas Jatim)

Evakuasi Selesai, Jalur Rel di Stasiun Tanggulangin Dapat Dilewati KA

19 Januari 2024 14:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Proses evakuasi sarana lokomotif dan kereta KA Pandalungan yang mengalami anjlokan telah selesai dilakukan pada pukul 00.22 wib.

Para petugas KAI Daop 8 Surabaya juga telah memastikan bahwa jalur tersebut dapat dilintasi KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan KA pertama yang melintasi jalur tersebut yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada jam 03.11 wib, dan jalur tersebut masih dalam pengawasan dan perbaikan petugas KAI Daop 8 Surabaya.

KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders yang terlibat dalam proses evakuasi KA Pandalungan dan normalisasi jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin.

Luqman Arif memastikan bahwa proses evakuasi yang berjalan lancar. Adapun seluruh pelanggan maupun crew KA Pandalungan selamat dan tidak ada yang terluka.

Lebih lanjut, Luqman Arif, menyebutkan KAI Daop 8 Surabaya telah memberikan alternatif solusi transportasi untuk mengantar pelanggan sampai ke tujuan masing - masing.

"Para pelanggan terdampak dilakukan proses peralihan transportasi dengan menggunakan bus yang disediakan di Stasiun Bangil maupun Sidoarjo," terangnya.

Luqman Arif menambahkan, bagi para calon pelanggan yang ingin membatalkan perjalanannya berikut juga tiket persambungan, dapat melakukan pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100% diluar bea pesan hingga H+7 keberangkatan.

Sementara itu, terkait penyebab terjadinya anjlokan KA Pandalungan, KAI akan menyelidiki dan melakukan evaluasi penyebabnya. Hal itu sebagai wujud komitmen bagi KAI dalam memberikan layanan jasa transportasi yang aman dan nyaman.

"Dengan selesainya normalisasi jalur KA, maka seluruh KA yang melintas baik jarak jauh maupun lokal yang melintasi Stasiun Tanggulangin sudah normal dengan kecepatan terbatas,” pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm