Mobil terbakar di SPBU Besuk, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (9/10/2023)(KOMPAS.com/Miftahul Huda)
Mobil terbakar di SPBU Besuk, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (9/10/2023)(KOMPAS.com/Miftahul Huda) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Untuk Tanda Sebelum Mobil Mengalami Kebakaran Hebat

20 Januari 2024 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kebakaran pada mobil bisa terjadi kapan pun, baik saat parkir atau sedang dikendarai. Oleh sebab itu, langkah antisipasi saat kejadian penting dipahami oleh semua orang.

Sebisa mungkin pengendara bisa menyadari bahwa telah terjadi kebakaran sejak dini agar penanganannya lebih mudah dan tidak merusak banyak komponen mobil.

Tapi, biasanya pengemudi tidak begitu menyadari karena saat mobil melaju arah asap akan ke belakang sehingga tidak terdeteksi tanda-tanda ada kebakaran.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan, dirinya pernah mengalami mobil terbakar dan berhasil mendeteksi sejak dini sehingga kerusakan mobil tidak lebih parah dan tidak ada korban.

“Tanda mobil mengalami kebakaran yang paling umum adalah adanya asap dan bau hangus, jika ada tanda tersebut pengendara sebaiknya segera memeriksa apakah ada api atau tidak di area mobil,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Namun, Hasan mengatakan berhubung saat mobil melaju biasanya kaca tertutup maka asap dan bau hangus tidak akan langsung terdeteksi oleh pengemudi dan penumpang.

“Sebagai langkah antisipasi, atau lebih waspada pengemudi perlu tahu tanda lain saat mobil mulai mengalami terbakar, yakni terkait turunnya performa mobil dan kenaikan suhu mesin, bisa juga remnya menjadi bermasalah,” ucap Hasan.

Hasan mengatakan, dengan adanya api di area-area tidak wajar maka dapat membuat performa mobil turun saat dikendarai. Misal terjadi kenaikan suhu atau AC menjadi kurang dingin secara tiba-tiba dan lain sebagainya.

“Misal api sampai membuat panas saluran minyak rem, maka minyak rem bisa mendidih sehingga akan mengalami vapour lock, akibatnya rem atau kopling tiba-tiba ngempos,” ucap Hasan.

Maka dari itu, jika beberapa tanda tersebut muncul tidak ada salahnya untuk memeriksa segala kemungkinan yang bisa terjadi, khususnya kebakaran.

Hasan mengimbau kepada semua pengendara mobil untuk menyediakan alat pemadam kebakaran (APAR) setidaknya ada satu dalam setiap mobil.

“Dengan demikian, diharapkan kebakaran lebih besar bisa dihindari karena lebih dini terdeteksi dan pemadaman api yang belum besar bisa dilakukan dengan lebih mudah dan minim risiko,” ucap Hasan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Tanda Sebelum Mobil Mengalami Kebakaran Hebat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/20/112200215/ketahui-tanda-sebelum-mobil-mengalami-kebakaran-hebat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm