Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023(Kompas.com/Donny)
Deretan motor konversi yang dipajang di booth PLN pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Realisasi Untuk Program Konversi Motor Listrik Masih Jauh dari Target

20 Januari 2024 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Realisasi program konversi sepeda motor berbahan bakar fosil menjadi listrik sepanjang 2023 masih jauh dari target.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI (ESDM) mencatat pada periode dimaksud hanya ada 181 pemohon yang sudah selesai dilakukan konversi. Padahal target tahunannya sebanyak 50.000 unit.

"Jadi sudah ada 181 permohonan yang selesai dikonversi," kata Jisman P. Hutajulu, Plt Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM dalam konferensi pers yang disiarkan daring, Jumat (18/1/2024).

Dari total 181 permohonan tersebut, 145 pemohon di antaranya telah menerima bantuan dari pemerintah dengan nilai total Rp 1,4 miliar.

Rinciannya, delapan unit menerima bantuan sebesar Rp 7 juta dan 137 unit menerima bantuan sebesar Rp 10 juta.

Sementara, 36 pemohon lainnya masih dalam proses uji laik jalan dan pengajutan SUT/SRUT tahun 2024.

"Untuk 36 permohonan masih dalam proses uji laik dalam pengajuan SUT/SRUT tahun 2024, terkait dengan seperti perubahan STNK,” kata Jisman.

Kendati demikian ia yakin program konversi bisa semakin laris pada tahun ini karena pihak Kementerian ESDM telah memperbaiki regulasi terkait.

Lewat revisi itu, insentif yang diberikan pemerintah untuk konversi satu unit kendaraan saat ini menjadi Rp 10 juta per unit dari sebelumnya dipatok Rp 7 juta per unit.

Selain itu, penerima insentif diperluas dari perorangan dapat diarahkan ke kelompok masyarakat, lembaga pemerintah dan nonpemerintah. Aturan ihwal kubikasi atau cc juga tidak lagi dibatasi.

“Jadi bantuan pemerintah sekarang ada di Rp 10 juta, memang untuk konversi itu di atas Rp 10 juta antara Rp 15 juta sampai dengan Rp 17 juta kurang lebih,” kata dia.

Di samping itu, saat ini, terdapat 28 bengkel konversi telah bersertifikat Kemenhub serta 13 bengkel konversi telah masuk platform digital dengan kapasitas konversi 38.124 unit per tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Realisasi Program Konversi Motor Listrik Masih Jauh dari Target", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/20/120200615/realisasi-program-konversi-motor-listrik-masih-jauh-dari-target.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm