Nissan Grand Livina terbakar diduga akibat peredam panas mesin yang sudah lapuk.(Tangkapan layar)
Nissan Grand Livina terbakar diduga akibat peredam panas mesin yang sudah lapuk.(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Menyebabkan Kebakaran, Apakah Melepas Peredam Panas Pengaruhi Performa?

20 Januari 2024 21:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beberapa kali kebakaran mobil dipicu dengan terbakarnya peredam panas dari bahan glasswool yang sudah lapuk. Bentuknya serabut membuatnya sangat mudah terbakar ketika terkena panas mesin.

Terlebih lagi, kondisi peredam panas sudah lapuk sehingga tidak melekat dengan baik di bagian yang aman. Sehingga, ada potensi menempel pada knalpot dan memicu terjadinya kebakaran.

Sebagai langkah antisipasi maka peredam panas yang sudah lapuk banyak dilepas oleh konsumen dari mobil. Lantas, apakah tindakan tersebut dapat membuat performa mesin menurun?

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan, kemungkinan terjadinya penurunan performa akibat melepas peredam panas tidak akan terjadi secara langsung.

“Karena peredam panas berfungsi mengurangi panas dari mesin, maka bila dilepas ditakutkan bisa membuat kabin menjadi panas atau mengganggu performa sistem AC mobil, sehingga suhu udara di kabin menjadi kurang sejuk,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Tapi, itu cuma ketakutan saja menurut Hasan. Pasalnya, beberapa mobil dengan tata letak mesin sama tidak dibekali peredam panas seperti yang disebutkan tapi tidak ada masalah.

“Suhu mesin tetap stabil, performa AC juga baik-baik saja, contohnya pada Nissan Evalia, dia memiliki mesin dan tata letak ruang mesin sama dengan Grand Livina, tapi Evalia tidak ada peredam panasnya, itu tidak masalah,” ucap Hasan.

Oleh sebab itu, Hasan juga menjadikan pelepasan peredam panas sebagai program layanan kepada konsumen yang datang ke bengkelnya ketika servis.

Hasan mengatakan jika onderdil baru peredam panas tersedia maka part lama bisa diganti, namun ketersediaan barang langka, konsumen harus inden untuk bisa mendapatkannya sehingga tidak bisa menjadi solusi efektif dan cepat.

“Jika kami periksa kondisi peredam panasnya sudah lapuk, maka akan kami infokan dan sarankan kepada konsumen untuk melepasnya, sembari kami edukasi dampak atau risikonya,” ucap Hasan.

Jadi, melepas peredam panas mesin secara umum tidak akan mempengaruhi performa mobil dari segi mesin ataupun sistem AC.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebabkan Kebakaran, Apakah Melepas Peredam Panas Pengaruhi Performa?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/20/122200215/sebabkan-kebakaran-apakah-melepas-peredam-panas-pengaruhi-performa-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm