Toyota Sienta Welcab(Dok. Istimewa)
Toyota Sienta Welcab(Dok. Istimewa) ( KOMPAS.COM)

Toyota Indonesia Pastikan Sudah Setop Untuk Produksi Sienta

23 Januari 2024 19:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Indonesia memastikan sudah tidak lagi memproduksi model Sienta di fasilitasnya yang berlokasi di Karawang Plant 2, Jawa Barat.

Sehingga, kendaraan keluarga 7-penumpang (Multi Purpose Vehicle/MPV) menengah dengan pintu geser ini secara resmi disuntik mati usai berjuang hingga delapan tahun di Indonesia.

"Sienta sudah tidak diproduksi lagi," kata Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, Senin (22/1/2024).

Hanya saja, dalam kesempatan itu, ia tidak menjelaskan lebih rinci apakah Sienta bakal mendapatkan penyegaran baru dalam waktu dekat, atau apa ada penggantinya.

Mengingat, Sienta merupakan satu-satunya produk Toyota Indonesia yang memiliki pintu geser dengan harga di bawah Rp 600 jutaan (kelas menengah).

Dengan kabar ini maka nasib Sienta di Tanah Air sudah dipastikan setelah perusahaan tampak masih menahannya tahun lalu.

Kala itu, sebenarnya Sienta sudah hilang dari situs resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) di jajaran produk MPV. Sehingga menimbulkan spekulasi kalau dalam waktu dekat, mobil tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

"Kami masih memproduksi Toyota Sienta di fasilitas pabrik PT TMMIN di Karawang Plant 2 dengan menerapkan 'pull system'," ujar Bob kala itu.

Sebab, meskipun permintaan di Indonesia rendah, Sienta merupakan salah satu produk kendaraan yang mendapatkan respons cukup baik di pasar mancanegara atau ekspor.

Tapi, melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tren ekspor Sienta dalam beberapa tahun terakhir cenderung merosot.

Padahal, ketika pertama diproduksi di 2016 Toyota mampu mengekspor 5.588 unit Sienta ke berbagai negara. Setahun kemudian juga naik jadi 8.961 unit.

Pada 2018, ekspor Sienta mulai menurun hingga pada akhinya berhenti diproduksi pada Februari 2023 lalu. Maka, sepanjang Januari-Desember 2023, hanya 99 unit Sienta yang dihasilkan oleh TMMIN.

Bob mengataka, pihaknya mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan produksi dan pengembangan model baru dalam sistem produksi global yang fleksibel. Namun, ia belum bisa merinci lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Indonesia Pastikan Sudah Setop Produksi Sienta", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/23/070200915/toyota-indonesia-pastikan-sudah-setop-produksi-sienta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm