Toyota Mirai, sedan bermesin hidrogen(Dok. Toyota)
Toyota Mirai, sedan bermesin hidrogen(Dok. Toyota) ( KOMPAS.COM)

Toyota Buka Opsi Untuk Membawa Mirai ke Indonesia asal Sudah Siap

23 Januari 2024 19:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membuka peluang untuk membawa mobil bertenaga hidrogen, Mirai, ke pasar dalam negeri sebagai pilihan baru atas kendaraan ramah lingkungan.

Tapi, sebelum melakukannya, sebagaimana dikatakan Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam, ada beberapa aspek yang lebih dahulu harus dipenuhi.

"Bahan bakarnya dulu. Jangan sampai kita bawa mobilnya, bahan bakar-nya sangat terbatas," kata Bob di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Selain itu, dibutuhkan juga regulasi yang jelas mengenai penggunaan dan tarif perpajakan soal kendaraan hidrogen.

Sebab, dalam pengisian hidrogen saja, membutuhkan tekanan tinggi hingga 700 bar. Sementara saat ini, standarnya baru 150 bar saja.

"Jadi harus sama-sama bergerak. Jadi kemarin kita juga berkerja sama dengan BRIN, karena dia akan berada di tengah-tengah untuk membuat standar. Ini baru dari sisi tekanan loh, belum edukasinya," kata Bob.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa Indonesia memiliki potensi yang cukup baik untuk mengaplikasikan kendaraan hidrogen sebagai alat transportasi.

Oleh karenanya, pihak TMMIN setuju untuk bermitra dengan anak usaha PT Pertamina Tbk, yaitu Pertamina New & Renewable Energy dalam mengembangkan ekosistem hidrogen.

Pengumuman kerja sama ini dilakukan kedua belah pihak saat peresmian stasiun pengisian bahan bakar hidrogen (SPBH) di Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (17/1/2024).

"Dengan infrastruktur dari hulu ke hilir yang kami miliki, Pertamina jelas paling siap untuk mengembangkan ekosistem hidrogen untuk transportasi. Di tambah lagi, kolaborasi dengan Toyota ini menjadi langkah yang sangat tepat untuk mempercepat terciptanya ekosistem ini," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Melalui kerja sama ini pula, Toyota akan menghadirkan Mirai sebagai alat studi. Mobil akan menggunakan fasilitas SPBH dimaksud supaya ketika digunakan masyarakat umum, sudah siap guna.

"Kami berharap bahwa studi Pertamina ini dapat melengkapi upaya-upaya pengembangan ekosistem transportasi yang mendukung dekarbonisasi. Baik dalam pengembangan kendaraan konvensional yang semakin hemat bahan bakar, kendaraan dengan bahan bakar baru dan terbarukan hingga kendaraan dengan teknologi-teknologi elektrifikasi," kata Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Buka Opsi Membawa Mirai ke Indonesia asal Sudah Siap", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/23/082200315/toyota-buka-opsi-membawa-mirai-ke-indonesia-asal-sudah-siap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm