Sepeda motor ringsek(Dok. Satlantas Lamongan)
Sepeda motor ringsek(Dok. Satlantas Lamongan) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa Untuk Remaja Sering Jadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas

23 Januari 2024 20:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepanjang 2023, telah terjadi sebanyak 148.307 kali kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di seluruh wilayah Indonesia. Mayoritas disebabkan oleh masyarakat remaja dengan rentang usia 17-29 tahun.

Persentase laka lantas yang disebabkan oleh rentang usia ini juga cukup besar, yakni 31,5 persen alias 53.394 kasus. Jauh melebihi rentang usia lainnya dengan catatan angka di bawah 25.000 kasus.

Tingginya angka kecelakaan ini tentu perlu dijadikan bahan evaluasi, mengingat umur 17-29 tahun masih tergolong sebagai masyarakat usia produktif dan punya peranan untuk menentukan masa depan Negara.

Adapun terkait alasan mengapa remaja di rentang usia tersebut banyak menyebabkan kecelakaan, ada beberapa faktor yang diprediksi jadi sebab utama

Riyan Zulfani, Psikolog dan Penguji SIM Polda Metro Jaya menjelaskan, remaja di rentang usia tersebut masih cukup emosional di digolongkan sebagai masyarakat dewasa tingkat pertama.

“Dari segi kesiapan emosional, remaja-remaja muda memang masih cenderung labil dan bisa dikatakan cukup impulsif. Ini bisa mempengaruhi beberapa trait (sikap) saat berkendara,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Emosi yang tidak stabil cenderung bisa memicu beberapa sikap dan pola berkendara, salah satunya terkait pengambilan keputusan (decision making) dalam waktu singkat.

Riyan menambahkan, kestabilan dan kesiapan emosi tidak bisa disejajarkan dengan kemampuan berkendara. Beberapa remaja mungkin terbukti mahir saat mengoperasikan kendaraan, tapi ternyata belum sepenuhnya siap dari segi mental.

“Kendaraan sekarang kan jauh lebih mudah dikendarai, secara skill mengemudi tentu sudah cukup banyak (remaja) yang mahir. Tapi soal mental, belum tentu semuanya siap,” ujarnya.

Dia mengatakan, pola berkendara yang baik, benar, dan tenang, perlu lebih ditekankan kepada pengendara remaja. Tujuannya supaya emosi bisa terkontrol dan mental positif bisa terbentuk dengan baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Remaja Sering Jadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/23/091200815/alasan-kenapa-remaja-sering-jadi-korban-kecelakaan-lalu-lintas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm