Manfaat daun pepaya untuk menurunkan kadar gula darah.(PIXABAY/LUIS ANIBAL BOLIVAR)
Manfaat daun pepaya untuk menurunkan kadar gula darah.(PIXABAY/LUIS ANIBAL BOLIVAR) ( KOMPAS.COM)

Potensi Manfaat Daun Pepaya untuk Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

24 Januari 2024 18:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Pepaya adalah sejenis pohon tropis yang buah, biji, dan daunnya sering digunakan dalam berbagai praktik kuliner dan pengobatan tradisional.

Daun pepaya juga diketahui mengandung senyawa tanaman unik dan sering digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam PubMed Central NLM, daun pepaya memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai obat.

Manfaatnya telah digunakan di banyak negara Asia untuk mengobati berbagai penyakit, seperti menyembuhkan sembelit, diabetes, hipertensi, hingga demam berdarah.

Secara tradisional, orang Aborigin Australia juga mengonsumsi ekstrak daun pepaya untuk aktivitas antikanker.

Selain memiliki berbagai komponen untuk melawan kanker, daun pepaya juga mengandung jumlah nutrisi yang signifikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah dan daun pepaya merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat baik. Daunnya juga kaya akan mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium.

Jus daun pepaya sangat membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit dan sel darah merah dan putih untuk mengatur pembekuan darah dan memperbaiki hati.

Manfaat umum daun pepaya

Dilansir dari laman PharmEasy, berikut beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm