Banyak motor listrik murah di IMOS 2023, harga mulai Rp 5,3 juta setelah dapat potongan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Banyak motor listrik murah di IMOS 2023, harga mulai Rp 5,3 juta setelah dapat potongan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Update Untuk Daftar Motor Listrik Subsidi, Tembus 56 Model

24 Januari 2024 19:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Daftar motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta bertambah enam model. Artinya per 24 Januari 2024, total sudah ada 56 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen.

Dilansir dari situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id) pada Rabu (24/1/2024), sejumlah model terbaru itu adalah motor listrik merek Greentech (PT Greentech Global Engineering).

Secara total, Greentech sudah mencatat 9 model yang berhak mendapatkan subsidi. Adapun yang paling baru adalah Ranger, Scood VRLA, Hurricane, Aero VRLA, VP VRLA, dan Unity.

Dari sisi harga, bisa dibilang motor listrik Greentech Unity menawarkan banderol paling terjangkau di daftar situs Sisapira, yakni Rp 5,6 juta setelah dapat subsidi.

Meskipun murah, motor listrik ini diklaim cukup mumpuni untuk penggunaan harian, karena kapasitas baterainya cukup dan punya beberapa komponen pendukung.

Melihat tampilan, Greentech Unity nampak seperti Yamaha Fino dengan bentuk yang mungil. Dimensinya ramping, namun masih cukup nyaman untuk dikendarai sendiri.

Baterai yang digunakan berjenis Sealed Lead Acid (SLA) dan jumlahnya 5 blok dirangkai seri, sehingga kapasitasnya jadi sebesar 60 volt 32 Ah atau sekitar 1,9 kWh.

Berdasarkan klaim Greentech, kapasitas baterai tersebut membuat Unity memiliki daya jelajah sekitar 90-100 Km dalam sekali pengecasan penuh.

Daya jelajahnya yang cukup jauh dipengaruhi pula oleh output tenaga dinamonya yang tidak terlalu besar. Jenisnya adalah hub-drive, dengan daya maksimal 1.000 watt.

Kendati demikian, Greentech mengklaim kalau Unity masih nyaman digunakan karena memiliki kecepatan maksimal hingga 60 kpj.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm