Jangan Abai jika Mobil Transmisi Matik Di-kickdown Tidak Mau Lari
Jangan Abai jika Mobil Transmisi Matik Di-kickdown Tidak Mau Lari ( KOMPAS.COM)

Tidak Boleh Abai jika Mobil Transmisi Matik Di-kickdown Tidak Mau Lari

24 Januari 2024 20:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kickdown merupakan teknik mengendarai mobil matik dengan menginjak pedal gas secara spontan dan dalam. Teknik tersebut akan membuat perpindahan percepatan gigi transmisi menjadi lebih rendah secara otomatis.

Dengan percepatan berada di gigi rendah, maka torsi yang dihasilkan menjadi lebih besar sehingga akselerasi terasa. Manuver seperti ini dibutuhkan ketika pengemudi hendak mendahului mobil di depannya atau menanjak.

Dalam mode tersebut seharusnya mobil matik menjadi lebih responsif. Tapi, bila sudah menggunakan teknik kickdown tapi mobil tetap lemot maka itu menjadi gejala kerusakan pada transmisi untuk tidak diabaikan.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan rasio percepatan pada transmisi matik diatur oleh sistem berdasarkan perilaku pengendara dan kecepatan kendaraan.

“Saat terjadi kickdown maka sistem akan membaca dan memindahkan aliran oli pada body control valve (BCV) ke piston yang menggerakkan kelompok kopling gigi rendah, sehingga rasio putaran planetary gear akan berubah,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (23/1/2024).

Hardi mengatakan ketika rasio percepatan berubah menjadi lebih rendah maka dampak yang dirasakan pengemudi adalah mobil menjadi terasa lebih responsif, sesuai permintaan.

Nah, ketika sistem tersebut tidak berjalan dengan baik maka akan terjadi lemot karena perpindahan percepatan tidak sesuai harapan pengemudi.

“Masalahnya bisa beragam, bisa karena adanya gangguan kelistrikan sehingga membuat solenoid tidak aktif membuat aliran oli matik bertekanan tinggi tidak sesuai, bisa juga karena salurannya pampat karena kotoran,” ucap Hardi.

Maka dari itu, bila muncul gejala lemot pada mobil matik dan teknik kickdown sudah dilakukan dengan benar maka kemungkinan kondisi transmisi sudah bermasalah. Menurut Hardi kondisi tersebut sebaiknya tidak diabaikan.

“Segera lakukan pemeriksaan ke bengkel yang proper terhadap masalah transmisi matik untuk mendapatkan solusi terbaik, karena jika diabaikan selaim membuat performa mobil turun juga bisa memperparah kerusakan,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Abai jika Mobil Transmisi Matik Di-kickdown Tidak Mau Lari", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/24/091200915/jangan-abai-jika-mobil-transmisi-matik-di-kickdown-tidak-mau-lari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm