Pembersihan busi(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Pembersihan busi(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Perlu Tahu, Empat Untuk Penyebab Ujung Busi Mobil Menghitam

25 Januari 2024 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu tolok ukur kesehatan mesin mobil dilihat dari pembakaran di ruang bakar, dan cara paling mudah untuk mengukurnya dapat dilihat dari kondisi ujung kepala busi.

Kalau pembakaran kurang baik maka ujung kepala busi yang terdiri dari elektroda dan insulator tip biasanya berwarna hitam. Kondisi itu terjadi karena ada penumpukan karbon atau zat arang di ruang bakar.

Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, produsen busi NGK, mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat ujung busi hitam dan berhubungan pada performa mesin.

"Penyebabnya ada banyak, pertama bisa jadi karena kondisi ruang bakar kotor jadi ada sisa-sisa pembakaran yang tidak terbakar atau tidak habis menempel di situ," ujar Diko kepada Kompas.com, Rabu (24/1/2024).

Kedua, ujar Diko, udara yang masuk ruang bakar kotor yang mana biasanya terjadi jika filter udara tidak menjalankan fungsinya dengan baik, atau jika filter udara juga sudah kotor tapi belum diganti.

"Ketiga pendinginannya tidak pas, karena mungkin cooling system atau udara berlebih juga bisa. Kemudian perbandingan udara dan bensin tidak seimbang, bisa jadi campuran bensin lebih banyak dari udara sehingga karbon," ujarnya.

Terakhir, kata Diko, penyebab ujung busi menghitam ialah karena mesin jarang bekerja dalam suhu terbaiknya.

"Busi butuh yang namanya temperatur optimal, yaitu ketika mesin sudah mengalami sekian waktu menyala atau dengan kondisi kecepatan di atas 60 kpj," ujar Diko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perlu Tahu, Empat Penyebab Ujung Busi Mobil Menghitam", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/25/082200115/perlu-tahu-empat-penyebab-ujung-busi-mobil-menghitam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm