Ilustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil.(Agung Kurniawan)
Ilustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil.(Agung Kurniawan) ( KOMPAS.COM)

Ngelitik Bisa Jadi Untuk Tanda Oli Mesin Sudah Minta Ganti

27 Januari 2024 18:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ngelitik terjadi akibat pembakaran tidak sempurna, lebih tepatnya waktu pembakaran terjadi lebih dini daripada yang seharusnya. Sehingga, piston mendapatkan benturan tidak wajar dan akhirnya menimbulkan bunyi ketukan.

Pembakaran tidak sempurna akan cenderung terjadi bila mobil menenggak bensin kualitas rendah. Dengan demikian ruang bakar menjadi lebih cepat kotor dan memicu terjadinya pembakaran sebelum busi memercikan bunga api.

Selain bahan bakar, ternyata keadaan ngelitik bisa dijadikan tanda bahwa oli mesin sudah waktunya ganti terlepas sudah ada jadwalnya.

Arif, Mekanik GK Auto Service Gunung Kidul, mengatakan, ketika kualitas oli mesin sudah menurun maka akan terjadi peningkatan suhu, sehingga dampaknya bisa menimbulkan ngelitik.

“Ingat lagi peran oli mesin selain sebagai pelumas juga sebagai pendingin, nah ketika kualitasnya sudah turun maka pendinginan menjadi tidak optimal, sehinga suhu mesin cenderung naik,” ucap Arif kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Arif mengatakan, kenaikan suhu di mesin akan memicu terjadinya ngelitik sebagaimana hukum fisika mengatakan bahwa semakin tinggi kompresi berhubungan dengan naiknya suhu.

“Seharusnya ketika suhu naik maka dibutuhkan BBM lebih tinggi oktannya seperti untuk mobil dengan spesifikasi mesin kompresi tinggi, jika tidak maka ngelitik bisa terjadi,” ucap Arif.

Selain karena kenaikan suhu, Arif juga mengatakan ngelitik bisa dipicu oleh sisa kotoran oli yang tidak tersapu optimal di ruang bakar.

“Bila kekentalan oli sudah tidak sesuai, terlebih lagi sudah berlumpur maka akan mengganggu kinerja ring piston dalam menyapu oli di dinding silinder, akibatnya ada sisa oli yang terbakar,” ucap Arif.

Sisa oli tersebut, menurut Arif dapat membuat pembakaran terjadi sebelum busi memercikan bunga api sehingga terjadi suara ngelitik.

Sehingga, selain jadwal yang sudah ditentukan terkait waktu penggantian oli, suara mesin ngelitik juga bisa menjadi tanda bahwa pelumas mesin sudah minta ganti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ngelitik Bisa Jadi Tanda Oli Mesin Sudah Minta Ganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/27/084200915/ngelitik-bisa-jadi-tanda-oli-mesin-sudah-minta-ganti.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm