Akses jalan Desa Wisata Keling menuju Gua Jegles yang telah diperbaiki (Dok. Pemkab Kediri)
Akses jalan Desa Wisata Keling menuju Gua Jegles yang telah diperbaiki (Dok. Pemkab Kediri) ( KOMPAS.COM)

Berkendara Motor yang Benar Saat Melintasi Jalan Tidak Ada Marka

27 Januari 2024 20:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kondisi jalan di Indonesia memiliki banyak ragam, seperti perbukitan dan pegunungan yang umumnya tidak dilengkapi dengan pembatas antar jalur kendaraan.

Tidak adanya pembatas antar jalur kendaraan, risiko terjadinya kecelakaan cukup besar. Apalagi kalau pengemudi yang pertama melewati jalan tersebut, pasti akan mengalami kesulitan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, saat melewati jalan tanpa marka maka paling penting adalah tetap berada di jalur semestinya yakni di sisi kiri jalan.

“Karena jalanan tadi dua arah, sehingga jangan terlalu ke bagian tengah, apalagi berada di sisi kanan jalan (berlawanan arah), ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agus mengatakan, meskipun tidak ada marka garis tengah sebagai pemisah jalur, pengemudi harus bisa memperkirakan kendaraanya dan tidak mengambil jalur dari arah berlawanan meski sedang berbelok di tikungan.

Pemakai jalan wajib mengurangi kecepatan saat hendak memasuki jalanan menikung. Terutama jika tikungannya punya sudut mati, di mana ada sebagian jalan yang tidak terlihat.

Keadaan ini sering kali dialami saat berkendara di pegunungan dan ada kelokan yang sering terhalang oleh objek, seperti pohon ataupun tebing di pinggir jalan.

“Hindari menikung dengan kecepatan tinggi. Hal ini akan memakan banyak ruang di jalan untuk dapat melewati tikungan,” ucapnya.

Selain untuk menjaga kendaraan tidak keluar dari jalur semestinya, dengan mengurangi kecepatan, pengemudi bisa lebih gampang mengantisipasi berbagai potensi bahaya yang bisa terjadi kapan saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berkendara Motor yang Benar Saat Melintasi Jalan Tanpa Marka", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/27/102200315/berkendara-motor-yang-benar-saat-melintasi-jalan-tanpa-marka.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm