Pembangunan Pabrik Baterai EV Hyundai-LG Rampung Tahun Ini
Pembangunan Pabrik Baterai EV Hyundai-LG Rampung Tahun Ini ( KOMPAS.COM)

Pembangunan Untuk Pabrik Baterai EV Hyundai-LG Rampung Tahun Ini

27 Januari 2024 20:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI (ESDM) menyatakan bahwa pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik (electic vehicle/EV) oleh Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution hampir selesai.

Artinya, dalam waktu dekat Indonesia bakal mulai produksi baterai EV pertamanya. Jenis baterai yang diproduksi berbasis Nickel-Mangan-Cobalt (NMC).

"Pabrik baterai sudah hampir jadi. Produksinya mulai tahun ini," ujar Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM, Agus Tjahajana Wirakusumah, Jumat (26/1/2024).

Menurut Agus secara persentase progres pembangunan pabrik baterai di Karawang sudah mencapai 95 persen. Ia pun berharap pada bulan April 2024 ini, pabrik tersebut dapat segera beroperasi.

Sebelumnya, Indonesia Battery Corporation (IBC) menargetkan akan memulai produksi baterai perdananya pada tahun 2024 sebesar 10 Giga Watt hour (GWh).

Proyek senilai 8 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 122 triliun ini akan berjalan secara bertahap hingga akhirnya bisa memproduksi 50 GWh pada 2034 mendatang.

"Di 2024 kita akan ada 10 GWh pertama untuk otomotif. Ini yang kerja sama dengan Hyundai, sudah siap beroperasi dengan LG di Karawang, Jawa Barat," ujar Direktur IBC, Toto Nugroho dalam acara RDP bersama Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Selanjutnya, Toto mengatakan, pihaknya juga siapkan pembangunan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) sekitar 5.000 unit.

Langkah ini dilakukan demi mencapai target bauran energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 13 persen pada tahun 2024.

"Di 2034, bahwa kita Indonesia sudah memproduksi sekitar 50 GWh baterai. Ini untuk roda dua dan roda empat dan juga untuk energy storage system (ESS). ESS sangat penting untuk melakukan support terhadap pengembangan EBT," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Pabrik Baterai EV Hyundai-LG Rampung Tahun Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/27/124200215/pembangunan-pabrik-baterai-ev-hyundai-lg-rampung-tahun-ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm