Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.(Foto: Tangkapan layar)
Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.(Foto: Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Mobil Matik Jangan Dipaksa Untuk Jalan jika Transmisi Bermasalah

27 Januari 2024 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tanda transmisi matik bermasalah bisa beragam, salah satunya dengan munculnya lampu indikator AT atau transmisi. Jika lampu ini menyala, artinya ada masalah pada sistem transmisi mobil tersebut.

Selain lampu indikator menyala, gejala transmisi matik bermasalah bisa diperhatikan pada penurunan performa mobil. Bila dirasa tarikan mobil menjadi berat, atau diikuti suara aneh maka bisa jadi transmisi bermasalah.

Dalam kondisi tersebut, pengguna mobil dituntut memahami situasi sehingga diharapkan mobil tidak terus dipaksakan melaju melainkan segera berhenti dan di-towing menuju bengkel.

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan kerusakan komponen transmisi matik mulanya disebabkan oleh salah satu sektor saja tapi karena kerja transmisi saling berhubungan dapat merusak komponen lainnya.

"Katakan mulanya masalah hanya karena volume oli kurang, jika ini segera diatasi maka solusinya cukup melakukan penambahan oli atau memperbaiki kebocoran oli transmisi bila ada," ucap Elin kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Elin mengatakan bila masalah oli matik kurang ini dibiarkan, suara kasar sudah muncul atau tenaga sudah loyo tapi mobil terus dipaksakan berjalan maka kerusakannya bisa lebih parah merambat ke komponen lainnya.

"Ketika oli matik kurang, maka tekanan oli tidak akan stabil sehingga dampaknya tenaga mobil ngempos, bila dipaksakan terus digas maka selip akan terjadi lebih banyak sehingga kelompok koplingnya bisa terbakar atau gosong," ucap Elin.

Elin mengatakan biaya perbaikan transmisi matik seharusnya lebih murah jika antisipasi dilakukan, tapi jika tidak dilakukan maka kerusakannya bisa lebih banyak. Terlebih lagi sampai mobil matik hilang tenaga secara total.

Maka dari itu, bila sudah dirasakan gejala transmisi matik bermasalah sebaiknya pengemudi mengambil langkah yang tepat dengan tidak memaksanya terus jalan agar kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Matik Jangan Dipaksa Jalan jika Transmisi Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/27/134200215/mobil-matik-jangan-dipaksa-jalan-jika-transmisi-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm