Akio Toyoda, mantan presiden dan CEO Toyota(BEHROUZ MEHRI)
Akio Toyoda, mantan presiden dan CEO Toyota(BEHROUZ MEHRI) ( KOMPAS.COM)

Bos Toyota Minta Maaf soal Skandal Toyota, Daihatsu, serta Hino

30 Januari 2024 21:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Chairman Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda meminta maaf kepada semua pihak atas rangkaian kasus yang melibatkan grup-nya beberapa waktu belakangan.

Sebagai induk perusahaan, Toyota akan senantiasa bertanggung jawab menanggulangi masalah yang ada dan membantu dalam merumuskan solusi terbaik supaya cepat selesai.

"Saya meminta maaf atas serangkaian skandal sertifikasi yang melibatkan grup, baik Hino, Daihatsu, serta Toyota Industries Corporation (TICO)," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan TMC secara resmi pada Selasa (30/1/2024).

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk melanjutkan produksi segera mungkin dan mendengar serta melihat langsung bagaimana rinciannya di lapangan," lanjut Akio.

Adapun rangkaian skandal tersebut, dimulai dari Hino Motors yang mengaku sudah memalsukan data emisi secara sistematis sejak 2003.

Kala itu, tidak ada dampak yang besar usai laporannya dibuat di 2022 lalu. Tapi, berita tersebut menimbulkan pertanyaan serius mengenai pengawasan di Hino dan Toyota Group.

Menjelang penutupan 2023, Daihatsu mengungkapkan sudah melakukan manipulasi uji keselamatan serangkaian produk di Jepang, termasuk model Toyota yang diproduksinya.

Setelah diusut lebih jauh, anak perusahaan Toyota ini mengakui sudah memalsukan hasil uji keselamatan lebih dari 30 tahun. Alhasil, Daihatsu memutuskan untuk menghentikan produksi dan distribusi sementara di Jepang sampai 14 Februari 2024.

Skandal terakhir datang dari TICO yang melaporkan terdapat indikasi tiga mesin kendaraan hasil produksinya terlibat dalam penyimpangan sertifikasi.

Toyota mengungkapkan, setidaknya terdapat 10 model kendaraan menggunakan mesin yang terkena dampak, termasuk enam model di Jepang.

Penyelidikan menemukan kejanggalan terjadi selama pengujian output horsepower untuk sertifikasi tiga model mesin diesel untuk mobil yang ditugaskan Toyota ke TICO.

Namun, Toyota telah memverifikasi ulang produk produksi massal yang diproduksi di pabrik dan memastikan mesin dan kendaraan yang terkena dampak memenuhi standar keluaran kinerja mesin.

Dengannya, walau banyak model kendaraan yang produksinya dihentikan sementara sampai data sertifikasi sesuai, perusahaan menyebut konsumen tetap bisa mengendarai mobil dengan aman.

"Kita akan berkomunikasi secara komperhensif mengenai hal ini. Mohon maaf atas kegaduhan yang sudah dibuat," kata Akio.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos Toyota Minta Maaf soal Skandal Toyota, Daihatsu, dan Hino", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/30/150100215/bos-toyota-minta-maaf-soal-skandal-toyota-daihatsu-dan-hino.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm