Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota(James Gilboy/thedrive.com)
Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota(James Gilboy/thedrive.com) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Bunyi Krek Saat Ganti Gigi Mobil Transmisi Manual

30 Januari 2024 21:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil dengan transmisi manual masih menjadi idola bagi sebagian masyarakat karena umumnya memiliki performa yang baik, dan dianggap lebih hemat bahan bakar ketimbang matik.

Walau begitu tidak menutup kemungkinan mobil manual mengalami kerusakan, salah satu masalah yang bisa terjadi, yaitu bunyi krek saat pindah gigi transmisi.

Hal ini seperti unggahan Facebook Japeriadi pada grup Swift Club Indonesia, di mana dia bertanya mengapa ada bunyi saat pindah gigi di mobil manualnya.

“Nanya lg suhu.. Itu pas tiap pindah gigi kok bunyi y sampai ke kabin suaranya? Baru td malam ada bunyinya. Abaikan aj y suhu ad tumpahan air radiator, krna jg sambil kuras radiator,” tulis akun tersebut.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah mengatakan, ada beberapa penyebab yang membuat mobil dengan transmisi manual bunyi krek saat pindah gigi.

“Bisa terjadi karena ada masalah pada koplingnya, seperti kanvas kopling tipis atau habis, kanvas kopling selip terkena oli, dan setelan kopling atau free play kurang tepat,dan kabel kopling rusak,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Iwan juga mengatakan, selain kerusakan pada kopling bisa juga karena adanya kebocoran dan kerusakan pada komponen mobil.

“Ada kebocoran oli pada komponen hydrolis penekan garpu kopling, adanya kebocoran oli pada transmisi, gigi sinkromes transmisi rusak, bushing stang perpindahan gigi transmisi rusak, kabel perpindahan gigi rusak,” ucapnya

Selain itu, Iwan juga mengatakan apabila bunyi krek terjadi saat pindah ke R saja penyebabnya hampir sama, namun bukan sinkromesnya tapi mekanis buat gigi mundurnya yang bermasalah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyebab Bunyi Krek Saat Ganti Gigi Mobil Transmisi Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/30/201200415/kenali-penyebab-bunyi-krek-saat-ganti-gigi-mobil-transmisi-manual.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm