Suzuki Burgman Street 125(globalsuzuki.com)
Suzuki Burgman Street 125(globalsuzuki.com) ( KOMPAS.COM)

Suzuki Tepis Anggapan Untuk Desain Motor Mengikuti Selera India

31 Januari 2024 20:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jajaran motor Suzuki saat ini tak hanya diproduksi di dalam negeri, tapi ada juga yang didatangkan secara utuh alias CBU dari India.

Model-model motor yang CBU India di antaranya Suzuki Avenis, Gixxer SF 250, Vstrom 250 SX, hingga yang terbaru Burgman Street 125EX.

Anggapan mengenai desain motor Suzuki yang berkiblat atau mengikuti selera pasar India pun muncul. Walau begitu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menepis kabar ini.

Yohei Shinozaki, Marketing Director Division Head Sales & Marketing 2 Wheels PT SIS, mengatakan, motor produksi India yang didatangkan secara utuh ke Indonesia sebetulnya merupakan model global.

“Yang masalah itu saya sering dengar, motor dari India. Jadi ternyata motor itu bukan dibikin untuk pasar India saja. Dari awal sudah dibikin untuk model global,” ujar Shinozaki di Cikarang, Senin (29/1/2024).

“Jadi Burgman Street 125EX sudah ekspor ke Jepang, Filipina, Eropa juga sudah. Jadi itu desain global, cuma dibikin di pabrik India saja,” kata dia.

Shinozaki menjelaskan bahwa Suzuki memiliki basis produksi motor di beberapa negara. India misalnya memang ditugaskan untuk produksi skutik, sementara Indonesia buat motor sport kapasitas kecil.

“GSX R150 kan juga begitu, dibikin di pabrik Indonesia, tapi ekspor ke Jepang dan Eropa. Jadi hanya masalah lokasi pabrik saja,” ucap Shinozaki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Tepis Anggapan Desain Motor Mengikuti Selera India", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/31/104200015/suzuki-tepis-anggapan-desain-motor-mengikuti-selera-india.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm