Acara gelar konversi motor listrik perdana oleh Kementerian ESDM(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Acara gelar konversi motor listrik perdana oleh Kementerian ESDM(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Tren Untuk Motor Listrik Naik, Bengkel Konversi Optimistis Banyak Pesanan pada 2024

1 Februari 2024 14:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tren kendaraan listrik di mata masyarakat kian meningkat di awal 2024. Hal ini ditandai pula dengan masuknya merek-merek baru ke bursa otomotif, baik itu mobil maupun motor.

Meningkatnya jumlah kendaraan listrik diprediksi bakal menjadi efek domino positif, yang juga mengatrol jumlah minat dan pengguna.

Situasi tersebut diamini oleh pengusaha bengkel konversi motor listrik, yang baru-baru ini mendapatkan dukungan dari pemerintah dengan pemberlakuan subsidi Rp 10 juta.

Heret Frasethio, CEO bengkel konversi Elders Garage, menjelaskan, saat ini fokus masyarakat masih dominan pada motor listrik konvensional. Tapi, dia meyakini bahwa lambat laun, motor konversi juga akan populer.

“Subsidi motor konversi kan sudah jadi Rp 10 juta, ini bisa jadi daya tarik kuat untuk masyarakat. Tahun kemarin (2023) peminatnya sudah lumayan, tahun ini harusnya lebih banyak lagi,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Dia menambahkan, kendala utama yang dihadapi oleh bengkel-bengkel konversi saat ini adalah minimnya eksposur dan publikasi.

“Masyarakat bukannya enggak minat sama motor konversi, cuma mayoritasnya itu memang belum tahu saja. Soal prosesnya bagaimana, subsidinya berapa, itu banyak yang belum tahu,” ucap dia.

Ungkapan senada juga disampaikan Muhammad Dipokartono alias Divo Gimbal, pemilik bengkel konversi Orang Senang Garage.

Menurut Divo, harus ada penyuluhan dan sosialisasi lebih masif yang disokong pula oleh pemerintah, supaya minat terhadap motor listrik konversi meningkat.

“Kita yang golongan pemilik bengkel pasti rutin sosialisasi ke masyarakat, misalnya ke komunitas. Tapi efeknya pasti bisa jauh lebih besar lagi kalau didukung pemerintah,” ucapnya.

Divo berharap pada 2024 ini akan ada atensi lebih terhadap program konversi motor listrik, khususnya dalam hal publikasi, edukasi, dan pembinaan di semua lini.

“Selain masyarakatnya diedukasi, mekanik-mekanik dan UMKM kecil juga sebaiknya dilatih dan dibimbing. Jadinya pakar-pakar konversi Indonesia bisa bertambah,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tren Motor Listrik Naik, Bengkel Konversi Optimistis Banyak Pesanan pada 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/01/091200015/tren-motor-listrik-naik-bengkel-konversi-optimistis-banyak-pesanan-pada.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm