lustrasi TikTok-Tokopedia.
lustrasi TikTok-Tokopedia. ( KOMPAS.com)

Transaksi Pengalihan Rampung, TikTok Jadi Pemegang Saham Pengendali Tokopedia

1 Februari 2024 17:49 WIB

SonoraBangka.ID - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau Grup GoTo dan platform entertainment TikTok menyelesaikan transaksi yang diharapkan mampu memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Dalam transaksi ini TikTok berperan sebagai pemegang saham pengendali.

Dengan demikian, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia, yang dimiliki bersama oleh GoTo dan TikTok

Proses integrasi dan migrasi bertujuan menghadirkan pengalaman berbelanja secara lancar di aplikasi TikTok dan Tokopedia.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan modal seiring dengan arah profitabilitas dan perbaikan arus kas GoTo.

GoTo juga sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan.

"Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif termasuk kemungkinan dilakukannya pembelian kembali (buyback) saham, dimana hal ini akan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (31/1/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo menerangkan, melalui kemitraan ini TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia.

Jumlah tersebut setara sekitar Rp 23,4 triliun pada kurs Rp 15.616 per dollar AS)

"Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen serta pelaku UMKM Indonesia," ujar dia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm