GM PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman sedang melakukan uji coba peralatan PDKB untuk jointing kabel pada saat gelar pasukan dan peralatan Apel Inspection Day Bulan K3 2024
GM PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman sedang melakukan uji coba peralatan PDKB untuk jointing kabel pada saat gelar pasukan dan peralatan Apel Inspection Day Bulan K3 2024 ( Humas PLN Babel)

Gelar Inspection Days K3 Distribusi, PLN Tegaskan Keselamatan Kerja Adalah Priotas Utama

4 Februari 2024 10:29 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) menggelar Apel Keselamatan, dan Kesehatan Kerja (K3) untuk pekerjaan Distribusi dalam memperingati bulan K3 Tahun 2024 di halaman kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka di Pangkalpinang.

Gelaran Apel Inspection Day atau inspeksi peralatan dan personil untuk memeriksa kesiapan K3 dalam pekerjaan ini dilaksanakan serentak diseluruh unit induk PLN seluruh Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto secara online.

Ia menyampaikan kegiatan _inspection day_ adalah langkah nyata untuk mewujudkan komitmen PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan yang dilakukan.

"Keselamatan tidak hanya menjadi tanggung jawab divisi K3 saja, namun merupakan tanggung jawab seluruh pekerja yang terlibat dalam suatu pekerjaan, untuk itu K3 ini harus menjadi budaya dalam kehidupan kita”, kata Adi Priyanto.

General Manager (GM) PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman saat menjadi pemimpin apel menyebutkan pentingnya mencapai zero accident atau nol kecelakaan dan zero harm atau nol bahaya dalam melakukan pekerjaan ketenagalistrikan.

“Komitmen yang kuat, upaya bersama, dan budaya keselamatan yang kokoh di tempat kerja merupakan usaha yang perlu kita lakukan untuk mencapai lingkungan kerja yang aman dan bebas dari kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera atau kerugian”, ungkap Munief.

Munief juga menyampaikan dalam melakukan pekerjaan perlunya mempersiapkan dokumen K3, mengikuti SOP (Standard Operational Procedure) dan bekerja dalam keadaan fit untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

"Saya sangat menekankan bahwa ketika kita berangkat bekerja dalam keadaan sehat _(one piece)_ pulang harus dalam keadaan yang sama, ingat bahwa keluarga menunggu kita di rumah", sebut Munief.

Setelah apel bersama, GM beserta jajaran manajemen PLN UIW Babel melakukan inspeksi peralatan dan personil yang diikuti Vendor Distribusi, Pelayanan Teknik dan Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) UP3 Bangka. Peralatan tersebut diperiksa kondisi fisik, fungsi, dan masa berlaku sertifikasinya untuk peralatan yang membutuhkan pengujian rutin.

Di Lokasi berbeda GM PLN Babel memberikan arahan secara langsung kepada petugas pelayanan teknik dilapangan yang akan melaksanakan pekerjaan pemeliharaan jaringan Tegangan Menengah 20 kiloVolt. Dalam arahannya GM PLN Babel mengingatkan sesama pekerja jika menemukan kondisi kerja yang tidak aman _(unsafe condition)_ dan tindakan atau prilaku tidak aman _(unsafe action)_.

“Dengan disiplinnya kita dalam penerapan K3 ini dan menjadikan K3 sebagai budaya kita sehari-hari, harapannya tidak adanya kecelakaan baik itu manusia, maupun peralatan dalam pekerjaan di PLN’, terang Munief.

Pegawai PT Firma Jaya Murni (FJM), Yulisman Jaya yang hadir juga dalam apel K3 di PLN UP3 Bangka menyebutkan bahwa PT FJM terus berkomitmen untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP yang sudah disiapkan PLN dan terus meningkatkan kemampuan pekerjanya dalam melakukan suatu pekerjaan.

“Acara Inspeksi terhadap K3 yang dilakukan ini mencerminkan keseriusan PLN terhadap K3 itu sendiri. Kami sangat termotivasi untuk mengimplementasikan standar keselamatan yang telah diatur PLN dan selalu menjaga setiap aspek pekerjaan kami sesuai dengan standar terbaik”, ucap Yulisman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm