Ilustrasi Google Gemini
Ilustrasi Google Gemini ( Google)

Google Umumkan Gemini Advanced untuk Akses LLM Ultra 1.0

13 Februari 2024 10:19 WIB

SonoraBangka.ID - Google mulai serius di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Pasalnya, selain mengubah nama chatbot Bard menjadi Gemini, perusahaan teknologi tersebut juga mengumumkan Gemini Advanced

Sederhananya, Gemini Advanced merupakan versi chatbot Google Gemini yang paling canggih. Chatbot ini mengandalkan atau ditenagai dengan model bahasa besar (large language model/LLM) Ultra 1.0.

Bisa dibilang, Gemini Advanced merupakan kompetitor langsung dari ChatGPT Plus yang ditawarkan OpenAI. Chatbot yang lebih mumpuni dari ChatGPT "reguler" ini ditenagai dengan GPT-4, alih-alih GPT-3.5.

Kembali lagi ke Gemini Advanced, Google mengeklaim LLM Ultra 1.0 yang ada di dalam chatbot ini bisa memproses berbagai permintaan (prompt) atau teks yang dimasukkan pengguna dengan lebih baik.

Lalu, Gemini Advanced juga diklaim dapat memprediksi atau memproduksi konten-konten teks hingga gambar dengan lebih baik dibanding Gemini versi baisa. 

Selain itu, model bahasa besar tersebut juga diklaim "jauh lebih mumpuni" untuk mengeksekusi program atau kode komputer kompleks, pemrosesan logika (logical reasoning), serta memproses perintah berbeda-beda dalam satu eksekusi atau prompt.

Google memberi contoh bahwa Google Gemini bisa menjadi guru virtual pribadi, di mana guru ini bisa menawarkan instruksi bertahap secara rinci, menggelar diskusi interaktif, hingga memproduksi sejumlah kuis atau tes kompleks untuk pengguna atau "muridnya".

Untuk ketersediaan, Gemini Advanced sudah bisa dijajal pengguna di sekitar 150 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia mulai pekan ini.

Untuk menikmati layanan AI dari Google tersebut, pengguna harus berlangganan paket berbayar baru Google One AI Premium Tier yang dibanderol 20 dollar AS (sekitar Rp 312.000) per bulan. Kompetitornya, yaitu ChatGPT Plus juga memiliki banderol yang sama. 

Dengan kocek ratusan ribu tersebut, pengguna juga akan mendapatkan akses premium ke berbagai aplikasi Google, media penyimpanan (storage) 2 TB, dan lain sebagainya, di samping bisa mengakses LLM Ultra 1.0 via Gemini Advanced.

Saat ini, Gemini Advanced dioptimasi penuh khusus untuk bahasa Inggris saja. Namun, layanan chatbot ini masih tetap bisa merespons dengan bahasa yang didukung Gemini, termasuk bahasa Indonesia. 

Dalam beberapa waktu ke depan, Google mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengoptimasi Gemini, terutama Gemini Advanced dalam bahasa lainnya selain bahasa Inggris, sebagaimana dirangkum dari TechCrunh, Sabtu (10/2/2024).

Penasaran menjajal Gemini Advanced? Chatbot terbaru Google yang diklaim canggih ini bisa diakses melalui laman https://gemini.google.com/app. Di laman ini, pengguna bisa mengeklik logo teks "Gemini" untuk memunculkan opsi "Gemini Advanced".

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Umumkan Gemini Advanced untuk Akses LLM Ultra 1.0", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/02/10/10103937/google-umumkan-gemini-advanced-untuk-akses-llm-ultra-10.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm