Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi. ( Dok. Bulog)

Soal Harga Beras Mahal, Erick Thohir: Terjadi di Seluruh Dunia

13 Februari 2024 10:32 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kenaikan harga pangan terjadi di seluruh dunia tidak hanya di Indonesia. Salah satunya terjadi kenaikan harga pada komoditas beras.

"Kalau harga beras melonjak itu di seluruh dunia. Di seluruh dunia memang harga pangan sedang meningkat," ujarnya saat meninjau penjualan beras di Ramayana Klender, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Ia menuturkan, yang menjadi faktor mahalnya harga pangan adalah kondisi geopolitik yang memanas di sejumlah negara, salah satunya perang di Gaza. Kondisi ini pun mengganggu proses distribusi pangan.

"Memang harga beras dan pangan dunia sedang naik. Ini karena tentu situasi geopolitik, ada peperangan di beberapa negara, ada penjajahan di saudara kita di Gaza," kata Erick.

Untuk mengatasi lonjakan harga itu, dia bilang, pemerintah melakukan operasi pasar dengan menyalurkan beras untuk stabilisasi.

Pemerintah akan mengguyur beras ke peritel modern sebanyak 5.000 ton beras merek SPHP dan 230 ton beras komersial yang akan disalurkan mulai 13 Februari 2024.

"Kita membanjiri pasar lagi, tetapi tentu masyarakat yang memilih mau beli beras yang tipe apa, dari berbagai macam, tentu sesuai kebutuhan masing-masing individu," ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga tetap menjalankan program bantuan pangan yang menyasar 22 juta keluarga. Pada program ini setiap keluarga menerima sebanyak 10 kilogram (kg) beras.

"Karena itulah pemerintah terus hadir memberikan beberapa bantuan, seperti 22 juta keluarga itu dibantu dengan bantuan pangan 10 kg. Itu kita terus jalankan," jelas Erick.

Dikutip dari data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga beras hari ini sudah menyentuh Rp 14.200 per kg untuk jenis beras kualitas bawah I.

Sementara untuk harga beras kualitas bawah II menyentuh Rp 13.400, beras kualitas medium I menyentuh Rp 14.850 per kg, dan beras medium menyentuh Rp 15.750 per kg.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Harga Beras Mahal, Erick Thohir: Terjadi di Seluruh Dunia", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/02/13/060600326/soal-harga-beras-mahal-erick-thohir-terjadi-di-seluruh-dunia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm