TJ Walton, Senior Product Marketing Manager International Communications Xiaomi memperkenalkan Xiaomi 14 di Barcelona, Spanyol, pada 25 Februari 2024.
TJ Walton, Senior Product Marketing Manager International Communications Xiaomi memperkenalkan Xiaomi 14 di Barcelona, Spanyol, pada 25 Februari 2024. ( KOMPAS.com)

Xiaomi dan Leica Bikin Optical Institute, Pusat Pengembangan Kamera Smartphone

26 Februari 2024 13:02 WIB

SonoraBangka.ID - Vendor smartphone Xiaomi yang berkolaborasi dengan pabrikan kamera Leica asal Jerman, baru-baru ini mengumumkan kemitraan lebih jauh lewat pendirian Xiaomi x Leica Optical Institute.

Inisiatif yang ditujukan untuk pengembangan kamera smartphone ini melibatkan tim beranggotakan lebih dari 200 pakar, termasuk Peter Karbe, desainer optis Leica yang antara lain mengerjakan desain-desain lensa seri Noctilux dan APO, sebagai Optical Expert.

Zeng Xuezhong, Senior Vice President Xiaomi Group dan Presiden Xiaomi Mobile Phone Department, ditunjuk sebagai pimpinan institut dengan menjabat sebagai direktur. Sementara posisi wakil direktur diisi oleh General manager Xiaomi Camera Department, Wang Xuanran.

Xiaomi x Leica Optical Institute didirikan untuk mendorong pengembangan mobile photography, khususnya terkait lensa kamera. Ada empat area teknis yang menjadi fokus dalam mencapai tujuan tersebut.

Pertama adalah desain lensa yang presisi dan ringkas. Kedua, computational photograph. Area ketiga adalah pemenuhan standar optis yang tinggi, lalu keempat pelaksanaan riset dan penerapan teknologi optoelectronic terbaru.

Xiaomi turut mendukung kegiatan research and development institut ini dengan merencanakan pembangunan tiga laboratorium di kota Beijing, China.

Masing-masing laboratorium akan menangani pengembangan hardware kamera, imaging, serta evaluasi image quality secara obyektif dan subyektif.

"Melalui Xiaomi x Leica Optical Institute, kami akan mengembangkan lebih jauh kekuatan dari kedua pihak untuk mendorong kemampuan optis di perangkat mobile," ujar Presiden Xiaomi Group, William Lu, dalam keterangan tertulis.

Upaya Xiaomi dan Leica mengembangkan fotografi mobile tercermin di produk smartphone flagship Xiaomi 14 Ultra yang diklaim bakal menghadirkan kualitas fotografi dan videografi terbaik di antara produk-produk smartphone.

Xiaomi 14 Ultra diketahui memiliki rangkaian kamera hasil rencangan Xiaomi dan Leica, termasuk kamera utama dengan sensor berukuran 1 inci dan lensa Summilux stepless variable aperture, kamera ultra wide berbukaan lebar, serta dua kamera telephoto (3x dan 5x) yang menggunakan desain floating lens.

Xiaomi 14 Ultra diluncurkan dalam acara yang digelar oleh Xiaomi di Barcelona, Spanyol, pada Minggu (25/2/2024).

Matthias Harsch, CEO Leica Camera AG, mengatakan bahwa Xiaomi 14 Ultra menandai pencapaian terbaru dari kerja sama pihaknya dengan Xiaomi, yang ditandai dengan penerapan lensa Leica Summilux untuk kameranya.

"Bersama-sama, kami telah berhasil mengintegrasikan pengalaman fotografi Leica yang ikonik ke dunia mobile imaging," ujar Harsch.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Xiaomi dan Leica Bikin Optical Institute, Pusat Pengembangan Kamera Smartphone", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/02/26/11040077/xiaomi-dan-leica-bikin-optical-institute-pusat-pengembangan-kamera-smartphone.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm