Proses gurah mesin dengan memasukkan cairan pembersih kerak karbon ke dalam lubang busi(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Proses gurah mesin dengan memasukkan cairan pembersih kerak karbon ke dalam lubang busi(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Rajin Untuk Servis Bisa Bikin Mobil Irit BBM?

26 Februari 2024 19:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Servis atau perawatan mobil kerap dilakukan oleh konsumen guna menjaga performa tetap prima. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya seperti membuat komponen mesin awet dan irit BBM.

Argumen tersebut terkesan seperti kalimat pemasaran agar mendorong konsumen melakukan perawatan mobil. Tapi faktanya, perawatan mobil memang dibutuhkan agar efisiensi tetap terjaga.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan mobil menjadi irit BBM setelah melakukan servis bisa saja terjadi, karena pembakaran terjadi lebih sempurna.

“Dengan pembakaran sempurna setelah mobil diservis akan mengembalikan efisiensi mesin, emisi menjadi rendah kembali dan tenaga yang dihasilkan optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (25/2/2024).

Hardi mengatakan BBM bisa dikonversi menjadi tenaga sepenuhnya ketika semua penunjang bekerja dengan baik. Penunjang kesempurnaan pembakaran dipengaruhi oleh beberapa pihak.

“Suplai udara, BBM, pengapian dan kompresi harus sesuai dengan perhitungan bawaan pabrik untuk mencapai kesempurnaan pembakaran, dengan demikian performa prima dan irit BBM bisa dicapai,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan dalam proses perawatan mobil atau tune up mesin pasti dilakukan pemeriksaan komponen yang berkaitan dengan keempat faktor tersebut.

“Filter udara dibersihkan, busi diperiksa, saluran BBM dibersihkan, dan sejenisnya harapannya untuk mengembalikan performa mobil seperti baru,” ucap Hardi.

Jika performa sudah prima, maka tenaga yang dihasilkan akan optimal sehingga menurut Hardi pengemudi bisa menerapkan eco driving mode untuk membuat mobil irit BBM.

“Pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam mobil sudah mau lari, selain itu bisa memanfaatkan gaya dorong dari mobil sehingga saat kecepatan konstan pengemudi bisa mengurangi injakan pedal gas secara perlahan tanpa membuat laju mobil melambat,” ucap Hardi.

Dengan perawatan dan model berkendara yang efisien, maka konsumsi BBM mobil akan jauh lebih irit menurut Hardi, dan itu hanya bisa tercapai bila mesin dalam kondisi prima.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Rajin Servis Bisa Bikin Mobil Irit BBM?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/26/114200815/mitos-atau-fakta-rajin-servis-bisa-bikin-mobil-irit-bbm-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm