Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.(Foto: Tangkapan layar)
Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.(Foto: Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Untuk Nanjak

28 Februari 2024 18:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil dengan transmisi manual dianggap lebih responsif dan bertenaga, termasuk ketika dituntut untuk melewati jalan menanjak.

Secara konstruksi, antara transmisi manual dan matik memiliki pengaturan rasio percepatan masing-masing sehingga torsi maksimal tetap bisa dihasilkan dengan baik selama tidak terjadi kendala.

Lantas, apa yang menyebabkan mobil transmisi manual bisa mengalami gagal menanjak?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi mobil transmisi manual gagal menanjak, salah satunya beban yang diterima.

“Mobil dengan muatan lebih berat, pasti berpotensi lebih tinggi mengalami kegagalan untuk menanjak, begitu juga dengan kemiringan permukaan jalan atau geometri, semakin curam tanjakan maka akan semakin susah dilalui,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (27/2/2024).

Selanjutnya Hardi mengatakan, bahwa kegagalan juga bisa disebabkan performa mobil tidak prima, yakni bisa dari mesin, kopling, atau keduanya.

“Bila kampas kopling sudah aus atau pegasnya mulai lemah, maka potensi terjadinya selip lebih tinggi sehingga tenaga yang ditransfer ke masing-masing roda penggerak menjadi kurang, akhirnya tidak kuat menanjak,” ucap Hardi.

Selain kopling, penurunan performa bisa disebabkan oleh gangguan pada sektor mesin. Bagaimanapun, mesin merupakan sumber tenaga yang menjadi penentu apakah mobil akan mampu melewati tanjakan atau tidak.

"Inilah pentingnya melakukan servis mobil secara rutin agar performanya selalu dalam kondisi prima, perlu dipastikan busi, filter udara, throttle body, suplai BBM masih baik agar pembakaran yang dihasilkan sempurna,” ucap Hardi.

Pada saat menanjak, mobil membutuhkan torsi besar, ini akan tercipta kalau kinerja mesin bagus. Sehingga akan meningkatkan peluang keberhasilan mobil melewati tanjakan menurut Hardi.

“Selain itu, kompetensi pengemudi juga menentukan apakah akan berhasil atau tidak, biasakan saat menanjak mobil memiliki ancang-ancang sehingga akan tercipta momentum yang cukup, itu bisa memperingan kerja mesin dan transmisi,” ucap Hardi.

Jadi, faktor penyebab mobil transmisi manual tidak kuat menanjak bisa dipengaruhi dari performa mobil tersebut, geometri jalan, beban dan kompetensi pengemudi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/28/081200415/faktor-yang-bikin-mobil-transmisi-manual-tidak-kuat-nanjak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm