Menginjak gas pada mobil(PokPak05)
Menginjak gas pada mobil(PokPak05) ( KOMPAS.COM)

Pengguna Mobil Manual Jangan Sembarangan Untuk Memainkan Setengah Kopling

28 Februari 2024 18:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknik berkendara setengah kopling diperlukan pada mobil transmisi manual saat kondisi tertentu. Dengan teknik ini, maka putaran mesin bakal tersambung secara perlahan dengan transmisi.

Penyambungan putaran mesin dengan transmisi memang harus dilakukan dengan lembut agar mesin tidak mati mendadak. Hal ini bisa dilakukan kalau pengemudi menguasai teknik setengah kopling dengan baik.

Hanya saja, teknik ini cuma boleh digunakan saat dibutuhkan saja, jika tidak maka kampas kopling akan lebih cepat aus.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan teknik setengah kopling diperlukan saat awalan mobil mau jalan, tapi bila diterapkan pada pemakaian yang tidak tepat justru bisa merusakan.

“Jangan mengoperasikan setengah kopling untuk waktu yang lama, gunakan teknik ini untuk awalan saja, saat mobil berhenti akan melaju agar perpindahan percepatan terjadi lebih lembut” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ibrohim mengatakan salah satu kesalahan pengguna mobil transmisi manual adalah melakukan setengah kopling untuk menahan kendaraan agar tidak mundur ketika di jalan menanjak.

“Jangan mengoperasikan setengah kopling atau setengah bertaut untuk mengontrol kecepatan kendaraan, seperti untuk mengemudikan kendaraan dengan kecepatan rendah, menahan kendaraan di lereng, dan sebagainya,” ucap Ibrohim.

Selain itu, saat melakukan setengah kopling pedal rem juga wajib terbebas karena mobil yang direm justru tidak akan memperlancar proses setengah kopling, bahkan bisa dibilang pemborosan.

“Jangan menekan pedal rem selama mengoperasikan setengah kopling atau setengah bertautan, itu sama saja melakukan tindakan yang sia-sia dan mempercepat kampas kopling aus,” ucap Ibrohim.

Meski demikian, pada kondisi mobil menanjak pemakaian rem tetap diperbolehkan agar menahan mobil tidak meluncur ke belakang.

“Sebaiknya tinggalkan kebiasaan menggantung kaki di atas pedal kopling saat mengemudi, untuk menghindari terjadinya setengah kopling yang tidak diperlukan,” ucap Ibrohim.

Jadi, waktu yang tepat untuk melakukan setengah kopling adalah ketika awal mobil hendak melaju dari posisi berhenti saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna Mobil Manual Jangan Sembarangan Memainkan Setengah Kopling", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/28/091200715/pengguna-mobil-manual-jangan-sembarangan-memainkan-setengah-kopling.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm