ilustrasi MacOS Sonoma
ilustrasi MacOS Sonoma ( AppleInsider)

MacOS Sonoma 14.4 Dirilis, Bawa Deretan Emoji Baru Serupa di iOS 14.4

8 Maret 2024 16:31 WIB

SonoraBangka.ID - Apple resmi merilis sistem operasi MacOS Sonoma 14.4 pada Jumat (8/3/2024).

Sistem operasi ini sudah bisa diunduh secara gratis di komputer Mac yang didukung. Pengguna bisa melakukan pembaruan dengan menuju menu "System Settings" > "General" > "Software Update".

Berbeda dari MacOS Sonoma 14.3 keluaran Januari 2024 yang memperkenalkan playlist kolaboratif di Apple Music dan perbaikan isu keamanan, MacOS Sonoma 14.4 menghadirkan pembaruan untuk emoji, Podcasts, Messages for Business, sambil memperbaiki isu keamanan yang ada.

Soal emoji, MacOS Sonoma teranyar ini membawa emoji yang sebelumnya sudah hadir di iPhone lewat iOS 17.4.

Emoji itu terbagi menjadi emoji menggelengkan kepala ke atas ke bawah (head shaking vertically) dan ke kanan kiri (head shaking horizontally), burung phoenix, jeruk nipis (lime), rantai (broken chain), jamur (brown mushroom) serta berbagai emoji potret keluarga.

Tak hanya itu, ada sebanyak 18 emoji manusia dan tubuh yang menghadap ke arah berlawanan. Jadi, emoji seperti seorang perempuan berjalan atau berlari ke arah kiri, kini juga memiliki versi berjalan atau berlari ke arah kanan.

Untuk aplikasi Apple Podcasts, kini setiap episode podcast bakal memiliki transkrip secara otomatis. Pengguna tidak usah mendengar keseluruhan episode podcast untuk mencari poin tertentu, cukup baca teks dan cari bagian yang diinginkan dengan kata kunci.

Episode podcast juga bisa diputar dari bagian teks yang diinginkan. Pengguna dapat menggunakan fitur aksesibilitas seperti Text Size, Increase Contrast, dan VoiceOver.

Fitur ini juga hadir di iOS 17.4, dan hanya bisa melakukan transkripsi secara otomatis apabila produser podcast itu mengizinkannya. Mereka harus menyetujui syarat dan ketentuan baru terkait transkripsi audio itu.

Pembaruan berikutnya yaitu untuk Apple Messages for Business, yakni layanan yang memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan langsung ke pelanggannya lewat aplikasi Messages.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm