( Humas UBB)

Sapu Bersih Suara Menteri dan Senat, Prof. Ibrahim Kembali Akan Pimpin UBB

16 Maret 2024 14:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Tahapan pemilihan Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) periode 2024-2028 telah memasuki babak akhir dengan digelarnya Tahapan Pemilihan pada Jumat (15/3/2024) di Balai Besar Peradaban Gedung Rektorat UBB.

Tahapan pemilihan sendiri merupakan tahapan ketiga setelah sebelumnya seleksi administrasi dan pemilihan 3 besar bakal calon rektor. Prof Ibrahim meraup suara mutlak sebesar 34 suara dari 34 suara sah.

Pemilihan Rektor memperebutkan 34 suara dengan komposisi 65% suara anggota senat UBB dan 35% suara Menteri.

Menteri Dikbudistek Nadiem Makarim memberi kuasa kepada pejabat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Ristek Dr. Lukman, M.Hum yang juga menjabat sebagai Direktur Kelembagaan Dikti Ristek.

Suasana pemilihan sendiri berjalan secara demokratis melalui pencoblosan surat suara yang disediakan panitia.

Seperti diketahui, ada 3 calon yang berhasil masuk ke 3 besar dalam pemilihan sebelumnya, yakni Dr Robin, Prof Dr Ibrahim, dan Dr Eni Karsiningsih.

Rapat yang dipimpin oleh Pimpinan Senat berjalan tertib dan lancar. Dr Lukman yang menjadi kuasa Menteri dalam sambutannya setelah pemilihan mengatakan bahwa Pemilihan Rektor yang berlangsung di UBB saat ini adalah pemilihan yang langka karena baik suara Menteri maupun suara senat tertuju pada orang yang sama secara total.

"Ini jarang terjadi sepanjang pengalaman saya menjadi kuasa Menteri, biasanya ada dinamika yang selalu berlangsung dengan beragam drama. Kali ini UBB menorehkan pengalaman berharga dan langka", tuturnya.

Pimpinan Senat UBB, Eva Utami, dalam penutupannya mengatakan bahwa selanjutnya hasil pemilihan tersebut akan dikirimkan ke Menteri untuk ditetapkan dan selanjutkan dijadwalkan pelantikan. Prof Ibrahim sendiri akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 16 April 2024.

Ibrahim sendiri sebagai Rektor terpilih menyatakan terima kasih atas kepercayaan para anggota senat dan Menteri yang telah memberikan semua suara pada dirinya.

Ia mengatakan bahwa ke depan tantangan UBB cukup besar, terutama pada proses memperkuat kelembagaan UBB sebagai BLU dan persiapan transformasi ke PTNBH pada waktunya nanti.

Sapu bersih suara tersebut menurutnya adalah bentuk dukungan kuat dan menjadi energi besar untuk semakin mengembangkan UBB.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm