Ilustrasi shalat. Hukum puasa tetapi tidak shalat lima waktu.(Dok. Freepik)
Ilustrasi shalat. Hukum puasa tetapi tidak shalat lima waktu.(Dok. Freepik) ( KOMPAS.COM)

Puasa tapi Tidak Shalat Lima Waktu, Bagaimana Untuk Hukumnya?

17 Maret 2024 16:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selama Ramadhan, umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Bukan cuma berpuasa, kewajiban Muslim untuk menunaikan shalat lima waktu selama Ramadhan juga tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Kendati demikian, karena alasan tertentu, beberapa orang melupakan ibadah shalat lima waktu saat berpuasa.

Lantas, bagaimana hukum puasa tapi tidak shalat lima waktu?

Puasa tetapi tidak shalat lima waktu

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh mengatakan, puasa Ramadhan dan shalat lima waktu adalah ibadah wajib yang berdiri sendiri.

"Kewajiban shalat dan puasa berdiri sendiri, didasarkan pada perintah ayat yang juga tersendiri," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/3/2024).

Menurut Asrorun, tanda ketaatan seorang Muslim dalam beribadah tecermin dalam menjalankan seluruh kewajiban.

Tidak menjalankan ibadah shalat lima waktu pun tidak membatalkan puasa, tetapi menimbulkan dosa karena meninggalkan kewajiban.

Dia menyampaikan, shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang memenuhi syarat. Oleh karenanya, jika tidak shalat padahal punya kewajiban, hukumnya dosa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm