Ilustrasi duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama bisa picu peningkatan risiko kematian dini.(Pixfly)
Ilustrasi duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama bisa picu peningkatan risiko kematian dini.(Pixfly) ( kompas.com)

Studi: Duduk Terlalu Lama Memicu Untuk Risiko Kematian Dini

17 Maret 2024 17:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa duduk terlalu lama atau sedentary lifestyle memicu peningkatan risiko kematian dini pada seseorang.

Studi yang diterbitkan di Journal of American Heart Association pada 27 Februari 2024 menyebutkan, duduk berjam-jam tanpa jeda untuk berdiri dan bergerak berkaitan dengan risiko lebih besar terkena penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian dini.

Dikutip dari Yahoo (6/3/2024), penelitian itu menganalisis data dan perilaku dari 6.489 wanita berusia 60-90 tahun dari Studi Women's Health Initiative Objective Physical Activity and Cardiovascular Health (OPACH).

Hasilnya, wanita yang tidak bergerak selama 11,7 jam atau lebih dalam sehari menghadapi risiko kematian 30 persen lebih tinggi.

“Perilaku sedentari didefinisikan sebagai setiap perilaku saat bangun tidur yang melibatkan duduk atau berbaring dengan pengeluaran energi yang rendah,” ungkpa salah satu penulis studi tersebut, Steve Nguyen.

Penjelasan ilmiah

Penulis studi lain, Andrea LaCroix menuturkan, aliran darah ke seluruh tubuh akan melambat yang mempengaruhi penurunan penyerapan glukosa saat seseorang duduk.

Selain itu, otot tubuh tidak berkontraksi terlalu banyak yang membuat konsumsi oksigen menjadi berkurang detak jantung menjadi terlalu lambat.

Menurut studi itu, perempuan yang berolahraga dengan intensitas sedang atau berat, masih akan terjadi peningkatan risiko yang sama jika mereka mereka terlalu lama tidak bergerak.

Dalam artian, mereka berolahraga dengan intensitas sedang hingga berat dalam beberapa jam. Kemudian, waktu lainnya hanya digunakan untuk duduk atau berbaring sepanjang hari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm