Ilustrasi prajurit TNI.
Ilustrasi prajurit TNI. ( kopasgat.tni-au.mil.id)

Pendaftaran Seleksi Bintara TNI AD Dibuka sampai 30 Juli, Ini Syarat dan Jadwalnya

26 Maret 2024 08:16 WIB

SonoraBangka.ID - Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI AD) kembali membuka seleksi bintara prajurit karier tahun ini, di mana pendaftaran berlangsung sampai 30 Juli mendatang.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://ad.rekrutmen-tni.mil.id/.

Untuk proses validasi, daftar ulang, dan tes seleksi akan dilaksanakan di 15 komando daerah militer (kodam) di seluruh Indonesia.

Dilansir dari laman resmi indonesia.go.id, terdapat dua kategori yang dapat dipilih oleh calon peserta yaitu reguler dan khusus.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) nomor 39 tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia, bintara adalah golongan kepangkatan prajurit.

Selama menjalani pendidikan pertama, setiap peserta yang lolos seleksi akan disebut sebagai prajurit siswa. Sewaktu mengikuti pendidikan pertama, setiap prajurit siswa akan memperoleh uang saku pendidikan.

Latar belakang pendidikan calon peserta yang bisa mengikuti seleksi prajurit bintara adalah lulusan SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta.

Saat lulus pendidikan pertama, prajurit bintara akan mendapatkan pangkat pertamanya sebagai Sersan Dua TNI-AD.

Seorang bintara akan menjalani masa ikatan dinas pertama antara 7-10 tahun, dan ikatan dinas lanjutan seorang bintara maksimal hingga usia 53 tahun.

Selain itu, bintara terpilih dapat mengikuti pendidikan pembentukan agar memenuhi syarat menjadi perwira.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm