Ilustrasi mesin mobil overheat(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mesin mobil overheat(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

Begini Cara Untuk Mengatasi Mobil Overheat Saat Dipakai Mudik

1 April 2024 17:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Sebelum melakukan perjalanan pastikan mobil dalam kondisi yang sehat agar mobil tidak mengalami overheat, mengingat perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh.

Tapi, jika mobil mengalami overheat di tengah perjalanan pastikan ditangani dengan cara yang tepat agar tidak mengakibatkan kerusakan yang lebih serius.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mobil mengalami overheat.

“Pertama cari tempat yang aman, pinggirkan mobil dan matikan mesin dan tunggu mesin agak dingin dulu,” kata Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Setelah agak dingin, pengemudi bisa melakukan pemeriksaan pada komponen pendingin mobil.

“Kalau sudah agak dingin, periksa air radiator dan air di tabung cadangan. Saat buka tutup radiator perlu hati-hati, pastikan air radiator sudah tidak bertekanan,” kata Iwan.

Iwan juga menyarankan untuk memeriksa selang-selang radiator apakah ada kebocoran atau tidak.

Terakhir, Iwan menyarankan untuk memeriksa kipas-kipas dan harus bekerja secara normal. Selebihnya bila tidak bisa mengatasinya sendiri lebih baik panggil bengkel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat Dipakai Mudik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/01/111200615/begini-cara-mengatasi-mobil-overheat-saat-dipakai-mudik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm