Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Bayu Krisnamurthi mengimbau masyarakat agar tak khawatir akan kenaikan harga dan stok beras.
Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Bayu Krisnamurthi mengimbau masyarakat agar tak khawatir akan kenaikan harga dan stok beras. ( Dok. Perum Bulog)

Bulog Ungkap Penyebab Stok Daging Kerbau Kosong Jelang Lebaran

3 April 2024 10:19 WIB

SonoraBangka.ID - Perum Bulog menyatakan stok daging kerbau di penyimpanan Bulog kosong menjelang Lebaran.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menjelaskan Bulog sudah mengajukan izin importasi daging kerbau sebanyak 100.000 ton.

Tetapi Kementerian Perdagangan belum memberikan izin impor daging kerbau sehingga stoknya kosong,

“(Realisasi impor daging kerbau) nol. Izinnya enggak ada. Bulog tidak atau belum mendapatkan izin importasi daging kerbau (tahun 2024 ini),” ujarnya di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Bayu irit bicara soal penyebab belum mendapatkan izin impor daging kerbau. Namun ia mengatakan, daging kerbau bisa memenuhi kebutuhan daging masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri.

“Yang di Bulog ya, benar-benar di Bulog enggak ada (daging kerbau). Karena Bulog juga kan tidak punya kulkas yang besar,” katanya.

“Jadi silahkan ditanya saja lah yang punya otoritas perdagingan. Bulog otorisasinya kan lebih banyak di beras,” sambung Bayu.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi tak menampik bahwa belum ada satupun impor daging sapi dan kerbau yang terealisasikan dua pekan jelang Ramadhan.

Arief mengatakan, dua BUMN yang ditugasi mengimpor daging beku yakni Bulog dan ID Food belum mendapatkan rekomendasi impor.

Adapun Bulog, tahun ini mendapat kuota impor daging kerbau beku dari India sebanyak 100.000 ton. Sementara ID Food mendapat kuota impor daging sapi beku sebanyak 20.000 ton.

"Daging belum 1 kilogram pun masuk, belum ada rekomendasi daging kerbau belum ada. Jadi yang BUMN belum ada (impor)," ujar Arief di Jakarta Selasa (27/2/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bulog Ungkap Penyebab Stok Daging Kerbau Kosong Jelang Lebaran", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/04/03/063406226/bulog-ungkap-penyebab-stok-daging-kerbau-kosong-jelang-lebaran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm