Daging Kerbau Impor Bulog Bebas PMK
Daging Kerbau Impor Bulog Bebas PMK ( Bulog)

Kementan Minta Bulog Fokus Serap Gabah, Bukan Urus Impor Daging Kerbau

3 April 2024 10:22 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) menanggapi keluhan Direktur Utama Bulog soal tidak mendapatkan izin impor daging kerbau tahun 2024.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Syamsul Ma’arif mengatakan, sesuai rapat yang dipimpin Menko Perekonomian pada 28 Maret 2024, telah diputuskan bahwa izin impor daging kerbau hanya diberikan pada PT Berdikari dan PT PPI.

“Jadi begitu keputusan pemerintah selaku regulator,” ujar Syamsul lewat siaran persnya, Selasa (2/4/2024).

Syamsul juga mengatakan sebenarnya saat ini beban Bulog juga sangat berat. Ia menilai Bulog tidak sanggup menyerap hasil panen jagung dan gabah petani

Oleh karena itu, ia menilai Bulog tidak perlu menambah beban dengan melakukan impor daging kerbau.

“Importasi jutaan ton beras saat ini sepertinya belum maksimal. Begitu pula serapan jagung masih macet. Sebaiknya fokus bisnisnya membantu petani dalam negeri. Toh impor daging kerbau juga dilakukan oleh BUMN juga,” lanjutnya.

Sebelumnya, Perum Bulog menyatakan stok daging kerbau di penyimpanan Bulog kosong menjelang Lebaran.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menjelaskan Bulog sudah mengajukan izin import daging kerbau sebanyak 100.000 ton.

Namun hingga saat ini Kementerian Perdagangan belum memberikan izin impor tersebut.

“(Realisasi daging kerbau impor) nol. Izinnya enggak ada. Bulog tidak atau belum mendapatkan izin importasi daging kerbau (tahun 2024 ini),” ujarnya di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kementan Minta Bulog Fokus Serap Gabah, Bukan Urus Impor Daging Kerbau", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/04/03/072647726/kementan-minta-bulog-fokus-serap-gabah-bukan-urus-impor-daging-kerbau.
=

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm