Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu)
Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu) ( KOMPAS.COM)

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin Ketika Dinyalakan Siang Hari

13 April 2024 20:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil dilengkapi air conditioner (AC) guna menjaga kenyamanan penumpang di dalam kabin. Dengan menyejukkan udara di dalam kabin, diharapkan perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Tidak sedikit pengendara mobil mengeluhkan AC kurang sejuk ketika mobil digunakan di siang hari atau di bawah terik matahari. Hal ini bisa terjadi lantaran AC dituntut kerja lebih keras guna melawan panas dari luar.

Bila performa AC sedang tidak prima, maka kemampuannya akan menurun sehingga yang dirasakan penumpang udara di dalam kabin menjadi panas.

Service Advisor PT Graha Rajasa (Denso) Yogyakarta, Andres Siswanto mengatakan AC mobil normalnya mampu menyejukkan udara di dalam kabin walau dipakai di bawah terik matahari. Jika tidak mampu menyejukkan bisa jadi ada masalah pada sistem sehingga perlu dilakukan pemeriksaan.

“Tidak normal itu, AC mobil yang bagus pasti bisa menyejukkan udara di dalam kabin walaupun cuaca sedang terik, perlu diperiksa apakah ada masalah pada sistem AC-nya, ini bisa menjadi rumit karena banyak faktor yang mempengaruhi,” ucap Andres kepada Kompas.com, belum lama ini.

Andres mengatakan, AC tidak mampu menyejukkan udara dalam kabin bisa karena freon kurang, artinya perlu diperiksa kebocorannya di mana, atau ada masalah lain seperti menurunnya performa kompresor, motor fan, dan lainnya, bahkan bisa juga dari kelistrikannya.

Anom Budi Prasetiyo, Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Depok, mengatakan selain perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, jika semua sistem bagus tidak ada salahnya memeriksa celah magnetic clutch.

“Bila semuanya sudah dipastikan sesuai, tekanan freon, kelistrikan, tidak ada kebocoran, bisa dicoba melakukan pemeriksaan celah magnetic clutch, jika celah tersebut terlalu jauh bisa membuat AC tidak dingin di siang hari,” ucap Anom kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anom mengatakan beberapa kali menemukan kasus sama. Dengan mengatur celah magentic clutch agar lebih mepet bakal membuat kompresor lebih lama dalam bekerja sehingga pendinginan makin maksimal.

“Celah magnetic clutch kan ada standarnya, antara 0,3 sampai 0,6 millimeter, itu bisa diatur dengan menambah atau mengurangi jumlah cincin di dalamnya,” ucap Anom.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab AC Mobil Kurang Dingin Saat Dinyalakan Siang Hari", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/13/130200415/penyebab-ac-mobil-kurang-dingin-saat-dinyalakan-siang-hari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm