Logo Tokopedia. Viral unggahan warganet yang mengaku belum menerima barang yang dibeli di Tokopedia meski sudah menstransfer uang Rp 28,7 juta
Logo Tokopedia. Viral unggahan warganet yang mengaku belum menerima barang yang dibeli di Tokopedia meski sudah menstransfer uang Rp 28,7 juta ( Tokopedia)

Tokopedia Naikkan Biaya Layanan per 1 Mei 2024, Sekian Besarannya

17 April 2024 10:19 WIB

SonoraBangka.ID - Platform marketplace Tokopedia mengubah besaran biaya layanan yang akan dibebankan kepada para penjual (seller) dan level keanggotaan seller per tanggal 1 Mei 2024 mendatang.

Seller Regular Merchant akan menjadi Seller Power Merchant dan akan ada penyesuaian biaya layanan.

Besaran biaya layanan tersebut bervariasi mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen dari harga produk. Kebijakan ini hanya berlaku bagi para seller yang memiliki level keanggotaan Power Merchant dan Power Merchant Pro.

Nantinya, besaran biaya layanan yang harus dibayar para seller akan diambil berdasarkan kategori dan harga produk yang mereka jual. Untuk produk yang masuk ke dalam Kategori Grup A, misalnya, akan dikenakan biaya layanan 6,5 persen per produk terjual. 

Kemudian untuk produk yang masuk ke dalam Kategori Grup E akan dikenakan biaya layanan 2 persen per produk terjual.

Rincian biaya layanan per kategori grup produk tersebut bisa dilihat dalam daftar berikut ini:

  • Kategori Grup A: biaya layanan 6,5 persen per produk terjual
  • Kategori Grup B: biaya layanan 5,5 persen per produk terjual
  • Kategori Grup C: biaya layanan 4,5 persen per produk terjual
  • Kategori Grup D: biaya layanan 3,1 persen per produk terjual
  • Kategori Grup E: biaya layanan 2,0 persen per produk terjual

Supaya lebih jelas, Tokopedia memberikan simulasi terhadap biaya layanan baru yang akan dibebankan kepada para seller Power Merchant dan Power Merchant Pro per 1 Mei 2024 ini. Simulasinya adalah sebagai berikut:

No. Jenis Produk Harga Produk (Harga yang Dilihat Konsumen) Biaya Layanan Harga Produk Akhir (Pendapatan yang Diterima Seller)
1. Lampu (Kategori Grup A) Rp 50.000 Rp 3.250 (6,5 persen) Rp 46.750
2. Tas Kamera (Kategori Grup B) Rp 200.000 Rp 11.000 (5,5 persen) Rp 189.000
3. Telur (Kategori Grup C) Rp 60.000 Rp 2.400 (4 persen) Rp 57.600
4. Android (Kategori Grup D) Rp 100.000 Rp 3.100 (3,1 persen) Rp 96.900
5 Sepeda Motor (Kategori Grup E) Rp 400.000 Rp 8.000 (2 persen) Rp 392.000
  Total Harga Produk Rp 810.000    
  Total Potongan dari Biaya Layanan   Rp 27.750  
  Total Pendapatan yang Diterima Seller     Rp 782.250

Karena biaya layanan berbeda tiap kategori produk, Tokopedia mengimbau para seller, terutama yang sudah memiliki level keanggotaan Power Merchant dan Power Merchant Pro, memasukkan produk yang mereka jual ke kategori yang sesuai. 

Hal ini tentunya supaya Tokopedia bisa membebankan biaya layanan kepada para seller dengan besaran yang sesuai dengan kategori produknya, sebagaimana dirangkum dari Tokopedia.com, Selasa (16/4/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tokopedia Naikkan Biaya Layanan per 1 Mei 2024, Sekian Besarannya", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/04/16/11000037/tokopedia-naikkan-biaya-layanan-per-1-mei-2024-sekian-besarannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm