SonoraBangka.ID - Platform marketplace Tokopedia mengubah besaran biaya layanan yang akan dibebankan kepada para penjual (seller) dan level keanggotaan seller per tanggal 1 Mei 2024 mendatang.
Seller Regular Merchant akan menjadi Seller Power Merchant dan akan ada penyesuaian biaya layanan.
Besaran biaya layanan tersebut bervariasi mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen dari harga produk. Kebijakan ini hanya berlaku bagi para seller yang memiliki level keanggotaan Power Merchant dan Power Merchant Pro.
Nantinya, besaran biaya layanan yang harus dibayar para seller akan diambil berdasarkan kategori dan harga produk yang mereka jual. Untuk produk yang masuk ke dalam Kategori Grup A, misalnya, akan dikenakan biaya layanan 6,5 persen per produk terjual.
Kemudian untuk produk yang masuk ke dalam Kategori Grup E akan dikenakan biaya layanan 2 persen per produk terjual.
Rincian biaya layanan per kategori grup produk tersebut bisa dilihat dalam daftar berikut ini:
Supaya lebih jelas, Tokopedia memberikan simulasi terhadap biaya layanan baru yang akan dibebankan kepada para seller Power Merchant dan Power Merchant Pro per 1 Mei 2024 ini. Simulasinya adalah sebagai berikut:
No. | Jenis Produk | Harga Produk (Harga yang Dilihat Konsumen) | Biaya Layanan | Harga Produk Akhir (Pendapatan yang Diterima Seller) |
1. | Lampu (Kategori Grup A) | Rp 50.000 | Rp 3.250 (6,5 persen) | Rp 46.750 |
2. | Tas Kamera (Kategori Grup B) | Rp 200.000 | Rp 11.000 (5,5 persen) | Rp 189.000 |
3. | Telur (Kategori Grup C) | Rp 60.000 | Rp 2.400 (4 persen) | Rp 57.600 |
4. | Android (Kategori Grup D) | Rp 100.000 | Rp 3.100 (3,1 persen) | Rp 96.900 |
5 | Sepeda Motor (Kategori Grup E) | Rp 400.000 | Rp 8.000 (2 persen) | Rp 392.000 |
Total Harga Produk | Rp 810.000 | |||
Total Potongan dari Biaya Layanan | Rp 27.750 | |||
Total Pendapatan yang Diterima Seller | Rp 782.250 |
Karena biaya layanan berbeda tiap kategori produk, Tokopedia mengimbau para seller, terutama yang sudah memiliki level keanggotaan Power Merchant dan Power Merchant Pro, memasukkan produk yang mereka jual ke kategori yang sesuai.
Hal ini tentunya supaya Tokopedia bisa membebankan biaya layanan kepada para seller dengan besaran yang sesuai dengan kategori produknya, sebagaimana dirangkum dari Tokopedia.com, Selasa (16/4/2024).
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tokopedia Naikkan Biaya Layanan per 1 Mei 2024, Sekian Besarannya", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/04/16/11000037/tokopedia-naikkan-biaya-layanan-per-1-mei-2024-sekian-besarannya.