Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Halal Bihalal di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Selasa (16/4/2024)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Halal Bihalal di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Selasa (16/4/2024) ( KOMPAS.com)

Pemerintah Sebut Mudik Lebaran Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

17 April 2024 10:21 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan mudik Lebaran 2024 memberikan implikasi positif yang besar bagi perekonomian Indonesia.

“Dengan meningkatnya mobilitas dan aktivitas ekonomi selama periode mudik, berbagai sektor ekonomi akan mengalami dorongan pertumbuhan yang signifikan," ujarnya dalam acara Halal bihalal yang diadakan di Gedung Kementrian Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

"Salah satu dampaknya adalah peningkatan daya beli masyarakat,” sambung Airlangga.

Ia menyebutkan jumlah pemudik meningkat sebesar 13,7 persen pada Lebaran 2024, atau mencapai total 193,6 juta orang.

Airlangga mengatakan semakin banyak orang yang melakukan perjalanan mudik, berarti semakin banyak pula pengeluaran yang terjadi, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk keperluan liburan dan bersilaturahmi.

Selain itu, mudik juga disebut memicu pertumbuhan sektor pariwisata dan perhotelan. Dengan lonjakan jumlah pemudik, permintaan akan akomodasi tempat tinggal sementara di kampung halaman juga meningkat.

Hal ini memberikan peluang besar bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan perhotelan untuk meningkatkan pendapatan.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menilai mudik menjadi momentum bagi para pelaku usaha lokal di daerah-daerah tujuan mudik.

pelaku usaha dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan produk lokal dan usaha kuliner, meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Sebut Mudik Lebaran Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/04/17/080000326/pemerintah-sebut-mudik-lebaran-bakal-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm