ilustrasi latihan otot bahu(Dok. Shutterstock/Dirima)
ilustrasi latihan otot bahu(Dok. Shutterstock/Dirima) ( KOMPAS.COM)

3 Rekomendasi Latihan Otot dari Dokter Ortopedi bagi Kesehatan Tulang

20 April 2024 20:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kebanyakan orang memilih berolahraga sekadar untuk membakar lemak. Tapi, masih banyak yang melewatkan olahraga untuk melatih otot yang juga penting dilakukan. 

Salah satu contohnya adalah ketika harus membawa beban berat di dalam tas backpack atau jinjing. Kalau otot tidak terlatih, akibatnya tidak akan kuat membawa beban tersebut dan terbatas hanya pada beban tertentu saja. 

Hal ini disampaikan oleh dr. Andi Nusawarta, Sp.OT(K) saat diwawancarai Kompas.com lewat sambungan telepon pada Jumat (19/4/2024) pagi. 

“Yang terpenting itu adalah latihan otot. Percuma kalau udah pakai tas backpack pun, kalau bawaannya berat dan otot kita enggak pernah terlatih untuk bawa beban seperti itu, akan sakit-sakit juga ujungnya,” jelas Andi. 

Pentingnya melatih otot

Dalam kesempatan yang sama, Andi juga menjelaskan bahwa latihan otot tak cuma berguna untuk melatih kemampuan mengangkat beban yang berat saja. 

Tapi, melatih otot juga baik untuk kesehatan, karena bisa mencegah penyakit gula (diabetes). 

“Latihan otot itu sistemnya kayak 'nabung'. Semakin sering kita latihan otot, semakin besar  kemampuan kita untuk mengangkat beban berat, dan semakin kecil juga risiko terkena penyakit gula,”

“Otot itu mesin pembakar gula yang bagus, jadi kita akan mengendalikan diabetes. (Otot) itu energinya dari gula, bayangkan otot kita makin banyak, ya makin banyak yang membakar gula,” jelas Andi. 

Lantas, apa saja latihan otot yang direkomendasikan Andi untuk dilakukan sehari-hari? Ini tiga rekomendasinya. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm