Meta Horizon OS
Meta Horizon OS ( Meta)

Meta Umumkan Horizon OS, Sistem Operasi untuk Headset VR Merek Apa Pun

24 April 2024 10:14 WIB

SonoraBangka.ID - Meta memperkenalkan sistem operasi (OS) Horizon OS. Ini bukan lah OS baru, melainkan rebranding dari software khusus yang ditujukan eksklusif untuk perangkat virtual reality (VR) buatan Meta, Quest.

Bukan hanya berganti nama, peruntukan Horizon OS kini juga berubah. Meta kini membuka dukungan sistem operasi ini ke lebih banyak perangkat VR merek lain, di luar Quest buatannya.

"Kami membuka sistem operasi yang mendukung Meta Quest ke vendor perangkat pihak ketiga, sehingga memberikan pengembang ekosistem yang lebih besar untuk dibangun dan pada akhirnya menciptakan lebih banyak pilihan bagi konsumen," kata Meta dikutip dari laman resmi Meta, Rabu (24/4/2024).

Dengan dibukanya Horizon OS, nantinya pengguna headset VR merek apa pun bisa terhubung di ekosistem yang sama. Asalkan sama-sama berjalan dengan Horizon OS.

Praktik ini sama seperti dengan Android yang memungkinkan pengguna terhubung di satu ekosistem, terlepas dari apa pun merek perangkat yang dipakai.

Menurut Meta, Horizon OS menggabungkan teknologi inti yang mendukung pengalaman mixed reality saat ini dengan sejumlah fitur yang menempatkan sosialisasi di dunia nyata sebagai pusat platform.

Agar interaksi dan sosialisasi tidak terasa aneh meski memakai headset VR, OS ini juga dilengkapi dengan sistem interaksi dan sosialisasi yang lebih alami, didukung fitur pelacak tangan, mata, wajah, hingga tubuh.

Adapun untuk pengalaman mixed reality, Meta membangun teknologi yang bisa memadukan dunia digital dan fisik. Salah satunya adalah Passthrough atau fitur pengalih pandangan dari dunia nyata ke dunia VR secara real-time dengan resolusi tinggi.

Kemudian ada Scene Understanding, yakni tools yang berguna untuk memproses dan menganalisis lingkungan virtual, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman yang lebih imersif. Meta juga membangun teknologi lain, yakni Spatial Anchors.

3 perusahaan yang siap pakai Horizon OS

Dalam kesempatan yang sama, Meta mengumumkan vendor headset yang akan mendukung Horizon OS. Ada total tiga perusahaan teknologi yang bermitra dengan Meta untuk Horizon OS yaitu AsusLenovo dan Microsoft Xbox.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm