Ilustrasi asam urat. Apakah Asam Urat Bisa Sembuh dengan Sendirinya?(Shutterstock/Caito)
Ilustrasi asam urat. Apakah Asam Urat Bisa Sembuh dengan Sendirinya?(Shutterstock/Caito) ( KOMPAS.COM)

7 Untuk Makanan Obat Alami Asam Urat dan Makanan yang Harus Dihindari

20 Mei 2024 19:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Asam urat merupakan bentuk radang sendi saat kristal asam urat berlebih menumpuk di persendian.

Saat penyakit asam urat kambuh akan menyebabkan nyeri, bengkak, dan kaku di dalam, dan sekitar sendi.

Seseorang dengan riwayat penyakit asam urat perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar penyakit tersebut tidak kambuh.

Gejala asam urat

Berikut ini sejumlah gejala asam urat umumnya mendadak dan malam hari: 

  • Nyeri sendi yang parah dan mendadak.
  • Sendi bengkak.
  • Sendi kemerahan.
  • Sendi terasa hangat dan lunak saat ditekan.

Kalau asam urat dibiarkan tanpa penanganan, nyeri sendi dapat semakin parah dan menyebabkan penderita tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Obat asam urat alami 

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping seperti dirangkum dari Kontan dan laman Kementerian Kesehatan:

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu obat asam urat alami yang bisa dikonsumsi. Caranya yakni dengan merebus air yang sudah dicampur dengan satu sendok makan parutan jahe segar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm