Safety breafing dilakukan perugas gabungan tower patrol sebelum melakukan pengecekan tower SUTT 150kV di Belitung
Safety breafing dilakukan perugas gabungan tower patrol sebelum melakukan pengecekan tower SUTT 150kV di Belitung ( Dok. PLN Babel)

PLN Inspeksi Tower SUTT 70 kV, Pastikan Listrik Handal Jelang Perayaan Idul Adha 1445H

25 Mei 2024 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Belitung melakukan kegiatan patroli dan inspeksi tower Saluran Udaran Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV di Belitung guna memastikan listrik handal menjelang perayaan Idul Adha di Belitung, Jumat (24/5/2024).

Patroli dan Inspeksi Tower dilakukan sepanjang transmisi yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Suge ke GI Dukong dan GI Manggar, Info yang didapatkan Tim ULTG Belitung sepanjang jalur tersebut terdapat beberapa aktivitas pertambangan timah di kaki tower transmisi.

Manager PLN ULTG Belitung, Teddy Mardona mengatakan kegiatan yang rutin dilakukan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada dan tidak melakukan aktivitas tambang inkonvensional di sekitar area tower SUTT 70KV dikarenakan dapat menimbulkan bahaya bagi keselamatan apabila tanah di sekitar tower mulai terkikis dan menyebabkan runtuh nya pondasi dari tower dan menyebabkan terganggunya sistem kelistrikan di Belitung.

“Kami bekerjasama dengan Tim Polres Belitung dan Polres Belitung Timur, pemerintah Desa Dukong, Kecamatan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, pemerintah Desa Renggiang Kecamatan Simpang Renggiang Kabupaten Belitung Timur menyampaikan sosialisasi kepada para penambang dilapangan agar tidak menambang diradius batas aman tower SUTT 70kV. Selain itu patroli dilakukan untuk memastikan bahwa struktur tower tidak mengalami kerusakan fisik yang dapat mengganggu kestabilan tower sehingga nanti dapat menggangu sistem kelistrikan di Belitung” apalagi saat ini sebentar lagi umat islam akan merayakan hari raya Idul Adha 1445H, ucar Teddy.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Belitung,Kompol Dedy Nuarsy, S.H., S.I.K , menyampaikan tower SUTET memegang peranan penting dalam menjamin pasokan listrik yang stabil dan aman bagi masyarakat. Namun, mengingat tingginya risiko keamanan yang terkait dengan infrastruktur ini, baik dari ancaman alam maupun manusia, sangatlah penting bagi kita untuk memastikan perlindungannya melalui langkah-langkah pengamanan yang terpadu dan efektif.

“Tower SUTT 70 kV merupakan sebagai salah satu infrastruktur vital, atau kita sebut objek vital nasional yang perlu dilakukan pengamanan, untuk itu perlu dilakukan patroli rutin dan pengawasan ketat untuk mencegah upaya perusakan atau pencurian komponen tower”, sebut Dedy.

Sementara itu Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan, Wayan Budi Laksana menyebutkan kolaborasi dan koordinasi PLN dengan petugas kepolisian dan pemerintah desa terus dilakukan untuk menjaga tower SUTT tetap terus beroperasi sehingga PLN dapat melayani seluruh pelanggan dengan baik di Belitung.

“Apresiasi dan terimakasih kami sampaikan kepada seluruh tim dari PLN, kepolisian, pemerintah kecamatan/desa, masyarakat dan seluruh pihak terkait atas kolaborasinya dalam bersama-sama menjaga tower SUTT 70kV di Belitung. Kami yakin dengan komunikasi yang baik dengan semua pihak, gangguan besar pada objek vital nasional ini yang bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat banyak dapat dicegah”, tutup Wayan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm