Berapa kadar trigliserida normal pada wanita?(Dok. Shutterstock/NPW-STUDIO)
Berapa kadar trigliserida normal pada wanita?(Dok. Shutterstock/NPW-STUDIO) ( KOMPAS.COM)

Tanda Untuk Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan, Apa Saja?

27 Mei 2024 19:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kolestrol merupakan lemak berwarna kekuningan berbentuk seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh manusia, terutama di dalam lever (hati).

Kolesterol berfungsi untuk membuat hormon seks, hormon korteks adrenal, vitamin D, dan untuk membuat garam empedu yang membantu usus untuk menyerap lemak.

Oleh karena itu, jika takarannya pas atau normal, kolestrol sebenarnya berperan penting dalam tubuh.

Tapi, jika terlalu berlebihan, kolesterol dalam aliran darah justru berbahaya bagi tubuh. Lantas, apa saja gejala kolesterol tinggi yang biasanya sering diabaikan?

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Dikutip dari Kontan, berikut adalah 7 ciri-ciri kolesterol tinggi yang sering diabaikan:

1. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang

Ciri-ciri kolesterol yakni pusing atau kepala bagian belakang terasa berat harus diwaspadai, karena bisa jadi disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Sebab, kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar otak dan kepala. Apabila dibiarkan, maka bisa berakibat fatal, yaitu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

2. Pegal ini juga sampai ke pundak

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm