Ilustrasi petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan jaringan SUTM 20kV
Ilustrasi petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan jaringan SUTM 20kV ( Dok. PLN Babel)

Antisipasi Tanah Longsor, PLN lakukan Pemeliharaan Tiang Jaringan SUTM 20kV

27 Mei 2024 20:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Curah hujan tinggi masih dirasakan oleh beberapa wilayah provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Bangka Belitung, bahkan menjadi bencana di beberapa kota seperti yang terjadi di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Menyikapi curah hujan yang masih tinggi tersebut PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung melalui PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pangkalpinang melakukan upaya preventif dalam menjaga kehandalan pasokan listrik yang disalurkan ke masyarakat.

Bentuk upaya yang dilakukan diantaranya menjalankan program inspeksi jaringan listrik berkesinambungan untuk memetakan potensi gangguan yang dapat timbul karena faktor eksternal.

PLN ULP Pangkalpinang menggelar pemeliharaan preventif tiang jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) tegangan 20KV pada Rabu, 22 Mei 2024 di Desa Sempan, Kabupaten Bangka.

Manager PLN ULP Pangkalpinang, Lukas Desiandri menjelaskan lokasi pemeliharaan ini terletak sangat dekat dengan Sungai, sehingga terdapat potensi tanah longsor akibat tergerus curah hujan tinggi.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PLN menjaga kehandalan pasokan listrik agar masyarakat Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka aman dan nyaman menikmati fasilitas listrik yang di berikan oleh PLN” sambung Lukas.

Kepala Desa Sempan, Sastrawan menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada PLN yang sigap memperhatikan jaringan listrik SUTM 20kV terutama di wilayah Desa Sempan.

“Apresiasi kami sampaikan kepada PLN yang telah mengantisipasi tiang jaringan SUTM 20kV di Desa kami. Saat inipun layanan PLN kami rasa semakin baik, apalagi jika terjadi gangguan PLN, tinggal kita laporkan ke aplikasi PLN Mobile di Handphone kita, tidak lama berselang petugas PLN langsung hadir”, ujar Sastrawan

Sementara Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Muhammad Isra, memastikan kegiatan pemeliharaan preventif untuk peningkatan keandalan secara rutin digiatkan di beberapa lokasi Bangka Belitung.

“Sebelum melakukan pekerjaan, setiap personel diingatkan agar selalu memathui SOP, aturan K3, dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) serta mengawali dan mengakhiri semua kegiatan dengan doa. Pemeliharan preventif ini merupakan upaya PLN menurunkan jumlah gangguan listrik akibat tiang roboh, petir, dan menjaga jarak aman pohon dari jaringan SUTM sejauh 3 meter saat terjadi cuaca ekstrim” pungkas Isra.

Bagi masyarakat yang melihat adanya potensi gangguan kehandalan pasokan listrik dapat segera melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile secara mudah dan dapat diakses 24 jam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm